Cara Kerja Jaringan Komputer

Sunday, October 21st, 2012 - TIK

Cara Kerja Jaringan Komputer – Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah sebuah sistem yang di dalamnya terdiri dari beberapa komputer dan perangkat-perangkat jaringan yang dapat saling terhubung, antara satu dengan yang lainnya melalui media transmisi kabel maupun nirkabel, sehingga dapat saling berbagi (sharing) data, aplikasi maupun berbagi penggunaan perangkat keras antar komputer.

Cara Kerja Jaringan Komputer

Cara Kerja Jaringan Komputer

 

Jaringan Komputer juga dapat diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua perangkat komputer atau lebih yang dapat saling terhubung dan berbagi data.

Tujuan dan Peranan Jaringan Komputer

  1. Tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah agar pengelolaan data dan informasi perusahaan dapat berjalan lebih efisien
  2. Agar data/informasi yang dibawa pengirim (transmitter) dapat sampai kepada penerima (receiver) dengan tepat dan akurat.
  3. Untuk mempermudah pekerjaan.
  4. Agar kelompok kerja dapat berkomunikasi dengan lebih baik.
  5. Untuk mengintegrasi data antar komputer-komputer sehingga dapat diperoleh suatu data yang relevan. Jaringan komputer memungkinkan penggunanya dapat melakukan komunikasi satu sama lain dengan mudah.

Manfaat Jaringan Komputer

Berbicara mengenai manfaat ada sangat banyak sekali manfaat dari jaringan komputer yang akan sangat panjang jika membahas semuanya, berikut di antaranya :

  1. Resource Sharing, dengan adanya jaringan komputer, kita bisa saling (sharing) berbagi data, mengakses file dan menggunakan bersama sumber daya yang ada (perangkat keras komputer misal, Printer dan Scanner). contohnya dalam suatu kantor, seorang karyawan dari lantai 1 ingin melakukan print sebuah foto atau dokument, namun di karenakan printer di ruangannya rusak, iya akhirnya melakukan print foto atau dokumentnya dengan menggunakan printer yang ada di lantai 2 yang telah di sharing dari ruangannya yang ada di lantai 1.
  2. Dengan adanya Jaringan Komputer akan membuat proses pengiriman data menjadi lebih cepat dan efisien. Jaringan Komputer membantu kita agar tetap dapat terhubung dengan, keluarga, sahabat atau orang lain dari berbagai tempat di belahan dunia lainnya.Dengan bantuan jaringan komputer jugalah sehingga membuat kita dapat mengirim teks, gambar, audio, maupun video secara real time.

Cara Kerja Jaringan Komputer

Prinsip kerjanya, pertama-tama sender mengirim sinyal informasi menuju receiver melalui protokol encode yang mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog kemudian sinyal melalui media transmisi dan melalui protokol kedua di decode kembali menjadi sinyal digital sebelum masuk ke receiver.
 
Ada 4 komponen utama yang terdapat pada suatu jaringan :
  1.  Sender (pengirim data informasi)
  2.  Protokol (yang meng-encode dan men-decode data informasi)
  3. Media transmisi (medium transfer data), dan 
  4. Receiver (penerima data informasi).
Prinsip kerja diatas dapat di analogikan saat orang jepang dan orang inggris sedang chatting melalui internet. Saat orang jepang mengetikkan suatu pesan dalam bahasa jepang maka pesan tersebut akan diubah terlebih dahulu oleh protokol ke dalam bahasa inggris sehingga orang inggris dapat menerima pesan tersebut dalam bahasa inggris dan sebaliknya saat orang inggris membalas pesan orang jepang tersebut maka pesan bahasa inggris akan diubah oleh protokol terlebih dahulu menjadi bahasa jepang sebelum sampai ke orang jepang. Jadi dalam hal ini protokol dapat di istilahkan seperti penerjemah informasi data.

 

Kata Kunci :

bagaimana jaringan itu bekerja,Cara kerja jaringan,bagaimana jaringan bekerja,sistem kerja jaringan komputer,jelaskan bagaimana jaringan itu bekerja,CARA KERJA KOMPUTER,jelaskan bagaimana jaringan bekerja,Gambarkan dan jelaskan cara kerja dalam jarkom,jelaskan cara kerja dari jaringan komputer,jelaskan jaringan komputer bekerja
Cara Kerja Jaringan Komputer | admin | 4.5