Cara Membuat Folder Baru

Monday, August 17th, 2015 - TIK

Cara Membuat Folder Baru – Pada kesempatan ini admin katapendidikan.com akan berbagi tentang Cara Membuat Folder Baru. Sebelumnya admin juga sudah berbagi tentang Cara Menampilkan Ekstensi File.

Pengertian folder adalah suatu tempat untuk menyimpan ataupun menampung file-file, baik itu file sistem maupun file data atau dokumen. Icon folder sendiri di komputer umumnya berbentuk kecil seperti amplop berwarna kuning atau coklat.

Folder dapat kita buat pada desktop komputer maupun pada drive-drive dalam komputer sesuai dengan kebutuhan. File yaitu kumpulan data-data baik berupa angka, teks, gambar, video, slide, program dan sebagainya yang diberi nama tertentu secara digital, itulah pengertian file. Sedangkan folder atau directory yaitu tempat untuk menyimpan file tersebut.

Cara Membuat Folder Baru

Cara Membuat Folder Baru

 

Bisa di analogikan misalnya surat keluar sudah di kemas rapi didalam satu amplop atau map yang dimana pada labelnya bertuliskan “Data masukan”. Lalu yang disebut dengan file yaitu amplop atau map dan isi dari map itu sendiri. Sedangkan yang disebut dengan folder yaitu laci atau tempat penyimpanan dari sebuah meja kerja atau bisa juga sebuah tempat penyimpanan dari lemari berkas. Sedangkan meja atau lemari tersebut bisa di umpamakan juga dengan hard disk.

Jadi dari pernyataan di atas dapat disimpulkan:

Meja atau lemari di umpamakan Hard Disk.
Laci atau media penyimpanan pada meja atau lemari di umpamakan Folder.
Map di umpamakan File.
pengertian folder
Apakah itu folder?

Jadi dapat di simpulkan fungsi folder yaitu tempat dimana file, khususnya file di dalam suatu komputer disimpan dengan rapi agar si pengguna komputer tersebut dapat dengan mudah jika ingin mengakses file tersebut.

Untuk membuat folder baru, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Bukalah aplikasi Windows Explorer.
  • Pilihlah salah satu drive. Misalkan, kamu memilih drive C. Kliklah drive C tersebut.
  • Selanjutnya, klik menu Filekemudian, pilih New. Selanjutnya, kamu dapat memilih Folder. Perhatikan bagaimana jendela sebelah kanan aktif dan memunculkan folderbernama New Folder.
  • Ketik nama folder, yaitu latihan. Lalu, klik tombol mouse bagian kiri. Selanjutnya, folder tampak seperti pada gambar berikut.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Cara Membuat Folder Baru yang bisa admin katapendidikan.com  bagikan untuk anda, semoga bermanfaat. Jangan lupa lihat juga Membuat Dokumen dengan Menggunakan Notepad

Kata Kunci :

jelaskan cara membuat folder pada komputer,langkah langkah membuat folder data TIK BIOLOGI FISIKA,langkah langkah untuk membuat folder baru berikut ini data TIK BIOLOGI FISIKA
Cara Membuat Folder Baru | admin | 4.5