Cara Membuat Jaringan WAN Berserta Perangkatnya

Monday, March 13th, 2017 - TIK

Cara Membuat Jaringan WAN Berserta Perangkatnya – Alhamdulillah sahabat puji syukur kepada Allah S.W.T atas nikmat kesehatan yang di berikannya sehinga pada kesempatan ini saya akan memberikan update artikel ternbaru dengan judul Cara Membuat Jaringan WAN Berserta Perangkatnya.

Cara Membuat Jaringan WAN Berserta Perangkatnya

Cara Membuat Jaringan WAN Berserta Perangkatnya

 

1. Perangkat Jaringan WAN

Infrastruktur WAN (Wide Area Network) Seperti LAN (Local Area Network), Terdapat sejumlah perangkat yang melewatkan aliran informasi data dalam sebuah WAN. Penggabungan perangkat tersebut akan menciptakan infrastruktur WAN. Perangkat-perangkat tersebut adalah :

  • Router
  • ATM Switch
  • Modem and CSU/DSU
  • Communication Server
  • Multiplexer
  • X.25/Frame Relay Switches

a.Router

router.gifRouter adalah peningkatan kemampuan dari bridge. Router mampu menunjukkan rute/jalur (route) dan memfilter informasi pada jaringan yang berbeda. Beberapa router mampu secara otomatis mendeteksi masalah dan mengalihkan jalur informasi dari area yang bermasalah.

b. Switch ATM

atmswitch.gifSwitch ATM menyediakan transfer data berkecepatan tinggi antara LAN dan WAN.

c. Modem (modulator / demodulator)

modem.gifModem mengkonversi sinyal digital dan analog. Pada pengirim, modem mengkonversi sinyal digital ke dalam bentuk yang sesuai dengan teknologi transmisi untuk dilewatkan melalui fasilitas komunikas analog atau jaringan telepon (public telephone line). Di sisi penerima, modem mengkonversi sinyal ke format digital kembali.

c. CSU/DSU (Channel Service Unit / Data Service Unit)

CSU/DSU sama seperti modem, hanya saja CSU/DSU mengirim data dalam format digital melalui jaringan telephone digital. CSU/DSU biasanya berupa kotak fisik yang merupakan dua unit yang terpisah : CSU atau DSU.

d. Multiplexer

infotypes.gifSebuah Multiplexer mentransmisikan gabungan beberapa sinyal melalui sebuah sirkit (circuit). Multiplexer dapat mentransfer beberapa data secara simultan (terus-menerus), seperti video, sound, text, dan lain-lain.

e. Communication Server

Communication Server adalah server khusus “dial in/out” bagi pengguna untuk dapat melakukan dial dari lokasi remote sehingga dapat terhubung ke LAN.
2. Peralatan untuk membangun jaringan WAN

PERALATAN YANG DIBUTUHKAN UNTUK MEMBUAT JARINGAN WAN BESERTA FUNGSINYA

a. Antena Grid

Fungsi dari antenna Grid sendiri adalah untuk memperkuat dan mengarahkan sinyal wireless untuk melakukan koneksi point to point atau point to multipoint. dimana antenna ini berfungsi menerima dan mengirim signal data dengan sisitem gelombang radio 2,4 Mhz.

b.Access Point Radio Senao

Fungsi sebagai Hub atau Switch yang berguna untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless atau nirkabel, di access point inilah koneksi data dipancarkan atau dikirim melalui gelombang radio, ukuran kekuatan sinyal juga mempengaruhi, semakin besar kekuatan sinyal semakin luas jangkauannya.

c. Kabel Pigtail

Fungsi Kabel Pigtail yaitu untuk menghubungkan antena grid dengan Access Point Radio Senao

d.Kabel UTP

Fungsinya yaitu untuk menghubungkan radio senao dengan Komputer PC ( Personal Computer ) Fungsinya yaitu Sebagai Server dan Client dalam jaringan tersebut. berikut Langkah Langkah Membuat Jaringan WAN

  1. Pasang Antena Grid Beserta Komponen Komponennya
  2. Pasang Access Point Radio Senao, Kemudian hubungkan dengan antenna Grid Menggunakan Kabel Pigtail lalu pasangkan kabel UTP sebagai penghubung Radio dengan computer
  3. Berikan IP pada computer yang akan di konfigurasi dengan cara Klik Start, Klik Control Panel, Pilih My Network Places, pada icon computer pilih properties lalu pilih Internet Protocol (TCP/IP) kemudian klik properties. IP yang diberikan harus satu segmen dengan IP yang ada pada Radio. Contoh:
    IP Radio :192.168.1.1
    IP Komputer :192.168.1.2
  4. Klik Internet Explorer atau pada browser lalu ketik IP Radio http://192.168.1.1
    Setelah tampilan setting radio terbuka, pilih Management klik Operation Mode kemudian aktifkan Bridge setelah itu pilih apply change lalu klik OK.
  5. Pada Wireless pilih Site Servey kemudian Refresh lalu pilih Hospot-Noc setelah itu klik connect lalu OK
    Untuk mengecek apakah komputer kita sudah terkoneksi dengan computer di jaringan lain atau tidak maka kita melakukan tes koneksi IP dengan cara klik Start lalu pilih run. Kemudian ketik ping IP computer di jaringan lain tersebut jika reply maka akses telah berhasil.

Demikianlah artikel tentang Cara Membuat Jaringan WAN Berserta Perangkatnya, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin 3x dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di katapendidikan.com

Cara Membuat Jaringan WAN Berserta Perangkatnya | admin | 4.5