Cara Sederhana Membuat Email di Gmail

Sunday, December 18th, 2016 - TIK

Cara Sederhana Membuat Email di Gmail – Alhamdulillah pada pagi hari saya akan memberikan update terbaru artikel dengan Judul Cara Sederhana Membuat Email di Gmail. Memang tidak bisa dipungkiri pada jaman sekarang ini peran dan fungsi email sangatlah besar, karena tidak hanya untuk kalangan bisnis dengan perusahaan besar saja yang bisa menggunakan email, toko-toko kecil bahkan anak SMP sudah memiliki email. Ini dikarenakan fungsionalitas email yang begitu besar untuk semua kalangan.

Cara Sederhana Membuat Email di Gmail

Cara Sederhana Membuat Email di Gmail

Nah terlepas dari itu semua, yang menjadi pertanyaan besar adalah apakah Anda sudah bisa membuat email? atau apakah Anda sudah memiliki email pribadi? Pertanyaan-pertanyaan tersebut cukup Anda jawab didalam hati saja, karena hanya Anda yang mengetahuinya. Jangan khawatir sobat jika Anda termasuk orang yang baru mengenal komputer dan masih belum bisa bagaimana caranya membuat email, cukup membaca tutorial ini Anda akan mengetahui bagaimana cara yang paling mudah dalam membuat email di google, karena Anda akan dipandu langkah demi langkah dalam proses pembuatan email.

Sebelum membuat email, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui pengertian email dan apa sih sebenarnya fungsi email itu, yuk langsung saja disimak pembahasan berikut.

1. Pengertian Email

E-mail (electronic mail) adalah surat dalam bentuk elektronik atau bahasa kerennya electronic mail. E-mail merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling banyak digunakan dalam hal surat-menyurat karena memang terbukti lebih praktis. Hal ini dikarenakan e-mail merupakan alat komunikasi yang murah, cepat, dan efisien. Menggunakan e-mail memungkinkan kita untuk mengirimkan pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat cepat dan biaya yang murah dan bahkan gratis. E-mail yang dikirimkan akan sampai ke alamat yang dituju sesaat e-mail tersebut dikirimkan jika tidak mengalami masalah. Biaya yang dikeluarkan pun hanyalah biaya untuk mengakses internet pada saat kita mengirimkan/membuka untuk menerima e-mail tersebut. Komunikasi menggunakan e-mail dilakukan dengan cara mengaktifkan pesan yang akan kita kirim pada software yang dikhususkan untuk keperluan ini, misalnya Microsoft Outlook. Bahkan sekarang sudah banyak sekali penyedia layanan email gratis, seperti email besutan raksasa search engine dunia saat ini yaitu G-Mail dan email besutan Yahoo Inc yaitu Yahoo Mail atau yang lebih dikenal dengan YMail.

2. Fungsi dan Manfaat Email

Fungsi Email yang paling utama adalah sebagai media komunikasi yang biasa dilakukan secara personal atau umum melalui media elektronik. Selain itu, email juga memiliki manfaat yang bisa digunakan sebagai media pengiriman data ke seluruh dunia dan tentunya pengirim dan yang dikirimi data sama-sama menggunakan alamat e-mail, bukan alamat rumah. Tidak hanya itu, dengan menggunakan e-mail anda bisa mengirimkan data ke banyak orang hanya dalam hitung menit bahkan detik. Sebanarnya banyak sekali contoh yang lain mengenai fungsi dan manfaat email, seperti untuk jejaring sosial, pembuatan blog dan lain sebagainya.

Nah setelah mengetahui pengertian serta manfaat dan fungsi dari email, sekarang bagaimana sih cara membuat email baru gmail yang paling mudah dan gratis tentunya. Yuk langsung saja Kita bahas step by stepnya.

3. Tahapan Cara Membuat Email

Berikut tata cara pembuatan email di google sebagai berikut

a. DAFTAR EMAIL

Pastinya jika Anda ingin memiliki alamat email, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Proses pendaftaranpun tidak begitu sulit dan berikut adalah tahapan-tahapannya.
Ketikkan alamat berikut di browser Anda http://gmail.com dan tekan enter atau supaya lebih mudah Anda tinggal klik aja tautan diatas, lalu tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.
kotak login email google

Klik pada tulisan Buat akun diatas untuk mendaftar email baru Anda, jika sudah melakukan klik pada link tersebut, maka proses pertama sudah selesai, sekarang lanjut ke proses kedua.

b. ISI FORMULIR PENDAFTARAN

Ini merupakan proses yang kedua setelah melakukan proses pendaftaran diatas, yaitu pengisian data diri, berikut adalah data-data yang perlu Anda isikan untuk melengkapi pendaftaran email baru Anda.
formulir pendaftaran akun email google
Nama : Isi dengan nama depan dan nama belakang Anda.
Pilih nama pengguna anda : Isikan alamat email yang anda inginkan (nama email harus belum digunakan orang lain). Biasanya Google akan memberikan saran nama pengguna yank unik diambilkan dari kombinasi nama Anda.
Buat sandi : Isi dengan password yang anda ingikan. Usahakan kombinasi dari karakter numeric, alfabet besar, kecil dan simbol supaya kekuatan passwordnya bisa benar-benar terjamin.
Konfirmasi sandi anda : Masukkan ulang password Anda, pastikan sudah sama dengan password diatasnya.
Tanggal lahir : Silahkan isi dengan tanggal lahir Anda.
Gender : Pilih jenis kelamin Anda.
Ponsel : Isikan dengan nomor telepon atau HP Anda.
Alamat email anda saat ini : Masukkan alamat email lain (masukkan jika ada). Bisa anda kosongi jika Anda masih baru pertama kali membuat email.
Lokasi : Isi dengan lokasi negara tempat Anda tinggal, biasanya sudah tersetting otomatis jika Anda menggunakan setingan bahasa Indonesia.
Persyaratan dari Google menyangkut persyaratan dan kebijakan privasi pengguna.
Klik tombol Langkah berikutnya.

c. VERIFIKASI AKUN

Tahap yang terakhir dalam pembuatan email adalah verifikasi akun email yang sudah dibuat tadi. Tahap verifikasi baru akan muncul setelah Anda melengkapi pengisian formulir pendaftaran email diatas, kemudian klik tombol Langkah selanjutnya, maka Anda secara otomatis akan dibawa menuju halaman verifikasi alamat email. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak tahapan berikut.
Setelah anda mengisi formulir pendaftaran, anda akan dibawa ke halaman verifikasi akun, klik Lanjutkan.
tahap verifikasi akun gmail
Setelah Anda melakukan klik pada tombol Lanjutkan diatas, maka Anda akan menerima pesan singkat atau yang lebih dikenal dengan SMS pada no handphone yang Anda masukkan pada kolom telepon diatas, dan selanjutnya masukkan kode verifikasi yang sudah Anda terima hari hp Anda lalu kemudian klik tombol Verifikasi.
masukkan kode verifikasi email google

Jika verifikasi sudah dilakukan, maka akun email Anda sudah selesai, hanya saja agar terlihat lebih profesional di mata client Anda, maka sebaiknya Anda memasang foto pada profil email Anda.

Nah Demikianlah artikel tentang Cara Sederhana Membuat Email di Gmail, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa lagi pada update artikel berikutnya bersama dengan kami di katapendidikan.com

Cara Sederhana Membuat Email di Gmail | admin | 4.5