Cara Terbaik Memilih Notebook untuk Games

Thursday, January 5th, 2017 - Teknologi

Cara Terbaik Memilih Notebook untuk Games – Alhamdulillah sahabat pecinta komputer dimanapun berada, pada pagi hari saya akan membagikan postingan terbaru kami dengan Judul Cara Terbaik Memilih Notebook untuk Games. Otomatis performa Laptop/Notebook yang bisa untuk bermain Games Hardcore itu memiliki performance yang sangat bagus. Jadi, Laptop/Notebook gaming bisa juga digunakan untuk grafik desain baik 2D or 3D, juga termasuk Photo Editor, Video Editor, Sound Editor, dll.

Cara Terbaik Memilih Notebook untuk Games

Cara Terbaik Memilih Notebook untuk Games

 

Yup… ini dia :
Jika anda memiliki uang sebesar Rp. 16.500.000,-. Manakah di antara dua laptop di bawah ini yang akan anda pilih?

1. Pilihan Pertama

Toshiba Portege Z830-2003U
(Rp. 16.300.000,-)
Core i7 2677M 1.8Ghz, 6GB DDR3, 128GB SSD, No Optical Drive, Wifi, Bluetooth, Intel HD, Camera, 13.3inch WXGA, Win 7 Pro

2. Pilihan Kedua

Toshiba Qosmio F750-1011X
(Rp. 13.800.000,-)
Intel® Core™ i7-2670QM Processor (2.20 GHz, 6MB Cache) , 4GB DDR3, 640GB HDD, DVD±RW, NIC, WiFi, Bluetooth, VGA Nvidia GeForce GT540M 2GB, Camera, 15.6inch WXGA, 3D, Win7 Home Premium

Jika anda memilih yang Pilihan (1), maka anda bukan seorang Gamer. Pilihan pertama kemenangan hanya di desain yang Tipis saja, monitor lebih kecil, VGA card yang tidak memadai, procesor yang hanya 1.8Ghz, dengan harga yang sangat mahal. Bagi seorang gamer, pilihan (1) itu hanya membuang-buang uang saja, harga mahal performa kacangan.

Dengan harga yang lumayan gila Rp. 16.300.000,- ini, kita hanya bisa bermain game-game ringan, tanpa bisa mencicipi game high end seperti Battlefield 3, Mast Effect 3, GTA V, dll. Kita juga tidak bisa desain grafis 3D karena VGA cardnya tidak mumpuni. Laptop dengan harga segitu kita cuman bisa ngetik dan FB’an, Apa gak rugi banget itu?

Na… kalau anda mimilih laptop yang kedua, berarti anda memang benar-benar gamer sejati. Anda lihat speknya, dengan Processor lebih tinggi, VGA yang sangat mantap dan tangguh dan monitor support 3D. Itu sangat-sangat Owesome. Dengan harga yang lebih murah Rp. 13.800.000,- Anda bisa menikmati game High End Super Berat dengan tampilan 3D yang mantap.

Dengan sisa uang Rp. 4.700.000,- anda mempunyai laptop high performance. Anda dapat mendesain grafik 2D maupun 3D, Video editor, Photo editor, sound editor, dll. Dengan Laptop ini anda serasa memainkan tangan sendiri di monitor, karena grafik game yang benar-benar nyata dengan effect 3D.

Cara Terbaik Memilih Notebook untuk Games sebagai berikut :

1. Processor

Untuk Laptop/Notebook game minimal processor yang digunakan adalah core i3 generasi ke empat seri 4000 intel haswel dengan kecepatan 2.0 Ghz. Ada 2 pilihan processor yaitu AMD dan intel. Jika anda memiliki dana agak minim lebih baik pilih AMD karena lebih murah, kalau mau mantap pilih Intel. Perbedaan kedua vendor processor tersebut adalah pada ketahanannya, untuk performancenya keduanya tidak begitu jauh. Baca juga Cara Memilih Processor Gaming.

2. VGA

Pilihlah GPU dari Nvidia atau Ati Radeon HD, jika di spesifikasi Laptop/Notebook masing menggunakan VGA onboard yaitu Intel WGMA HD, langsung tinggalkan saja walaupun menggunakan Processor Intel Core i7 Extreme atau AMD 8 Core sekalipun kalau VGAnya masih onboard dan hasil sharing dari processor intel tetap saja masih belum sanggup menanggung beban game-game High End. Contoh Spek VGA (DDR5, 1Gb, 128bit, Cuda Technologi). Makin tinggi spesifikasinya, makin mantap.

3. RAM

Minimal RAM 2Gb kalau bisa cari yang 4 Gb atau lebih supaya tidak nanggung. Perhatikan juga Spesifikasi RAM tersebut contoh: DDR3, PC12800, 1600Mhz. Semakin tinggi spek, semakin bagus. Bacalah Tips Memilih RAM Gaming.

4. Monitor

Kalau mau lebih mantap pilih yang mempunyai fitur 3D, supaya anda mendapatkan sensasi yang luar biasa saat bermain game walaupun tidak semua game high end suport dengan fitur 3D. Lihat pula port monitornya, pastikan sudah menggunakan port HDMI.

5. Harddisk

Browsing di google tipe Harddisk yang terdapat pada Laptop/Notebook yang akan anda beli. Carilah yang mempunyai data transfer yang paling cepat. Contoh spesifikasi harddisk: SATA III, 500 Gb, 6Gb/s, 7200 RPM, Chace Buffer 32Mb, 3,5 Inchi. Semakin besar RPM, Tipe SATA dan Chace maka semakin cepat transfer data harddisk tersebut. Baca Tips Memilih Harddisk.

6. Kipas & Mouse

Ini adalah komponen tambahan yang harus anda beli untuk bermain game di Laptop/Notebook. Usahakan membeli kipas yang memiliki getaran tidak terlalu kuat, karena getaran yang kuat akan mempangurah rotasi HDD dan kipas pendingin bagian dalam laptop. Harus menggunakan mouse tambahan untuk bermain game FPS High End akan sangat susah memainkannya jika anda hanya menggunakan Touchpad bawaan Laptop/Notebook. Kipas tambahan tentu saja sangat penting untuk menjaga kesetabilan suhu di Laptop/Notebook anda.

7. Keyboard

Untuk menjaga agar keyboard pada Laptop/Notebook tetap awet, gunakanlah keyboard tambahan yang juga berfungsi memudahkan anda untuk bermain game.

Demikianlah artikel tentang Cara Terbaik Memilih Notebook untuk Games, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa kembali pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di katapendidikan.com

Cara Terbaik Memilih Notebook untuk Games | admin | 4.5