Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi

Monday, August 3rd, 2015 - TIK

Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi – Pada kesempatan ini Admin katapendidikan.com akan berbagi tentang Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sebelumnya Admin juga sudah berbagi tentang Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kehidupan.

TIK adalah singkatan dari Teknologi Informasi Dan Komunikasi atau jika dalam bahasa Inggris ‘Information and Communication Technologies’, jika di singkat ‘ICT’ dapat di artikan sebagai payung besar terminologi yang mencakup semua peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan Informasi. Itulah secara singkat mengenai pengertian teknologi informasi dan komunikasi.

Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi

Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi

 

Kata teknologi yaitu berasal dari bahasa Yunani “technologia”, atau “techne” yang memiliki arti “keahlian” dan juga “logia” yang artinya “pengetahuan”. Dalam pengertian yang sempit dapat di artikan teknologi adalah merupakan suatu yang mengacu pada objek benda yang digunakan untuk kemudahan aktivitas manusia, misalnya seperti mesin, perkakas, perangkat keras, dan lain-lain.

 

Kamu telah mempelajari pengantar teknologi komunikasi dan informasi. Kamu juga telah mempelajari peranan teknologi informasi. Bagaimana dampak teknologi informasi? Apakah selalu berdampak positif? Pelajarilah uraian berikut.

Dampak Positif

Hampir semua orang dapat merasakan dampak yang ditimbulkan oleh kemajuan teknologi. Coba kamu bayangkan, bagaimana rasanya hidup di zaman modern tanpa radio, televisi, telepon, dan komputer? Manfaat utama dari teknologi informasi dan komunikasi adalah untuk mempercepat proses komunikasi. Masih ingatkah kamu dengan definisi komunikasi yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya? Dengan komunikasi, diharapkan informasi yang disampaikan dapat dipahami oleh penerima.

Dampak Negatif

Meskipun dampak positif dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi cukup besar, namun tetap memiliki dampak negatif. Dampak negatif atau kerugian yang dapat ditimbulkan akibat penyalahgunaan teknologi juga sudah mulai dirasakan. Sebagian besar dampak negatif tidak ditimbulkan oleh teknologinya, melainkan oleh pengguna teknologi tersebut.

Risiko Penggunaan Teknologi

Tidak semua dampak negatif yang ditimbulkan oleh teknologi informasi dan komunikasi dapat digolongkan sebagai suatu perbuatan kriminal atau sebuah kejahatan. Ada juga dampak negatif yang ditimbulkan karena kelalaian atau kesalahan penggunaan.

Demikianlah informasi singkat tentang Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi yang bisa Admin katapendidikan.com bisa bagikan untuk anda. Semoga bermanfaat…

Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi | admin | 4.5