Dasar Pengoperasian Ubuntu

Thursday, August 6th, 2015 - TIK

Dasar Pengoperasian Ubuntu – Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas, dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

Cara mengoperasikan Linux Ubuntu tidak jauh berbeda dengan Windows Xp. Jika pada Windos Xp terdapat desktop, ikon-ikon, menu, tombol, dan taskbar maka di Ubuntu pun terdapat desktop, ikon-ikon, tombol, dan panel.

Dasar Pengoperasian Ubuntu

Dasar Pengoperasian Ubuntu

 

Fungsi tombol-tombol mouse pada Ubuntu tidak berbeda dengan Windows. Ubuntu mengenal klik tunggal, klik ganda, drag & drop, dan klik kanan. Tentu saja ada beberapa hal yang membedakan Windows dan Ubuntu. Secara umum, tampilan Ubuntu dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu desktopdan panel.

Desktop

Desktop Ubuntu menempati daerah yang paling luas. Area ini disebut sebagai workspace area. Perhatikan desktopUbuntu berikut.

Panel dan Gnome Panel

Panel pada Ubuntu terdapat pada bagian atas dan bagian bawah desktop. Perhatikan kembali desktopUbuntu pada Gambar di atas. Pada panel atas terdapat bagian-bagian sebagai berikut.

a. Menu

Ada 3 buah menu yang tersedia pada linux Ubuntu, yaitu Applications, Places, dan System.

b. Application launcher

Application launchermerupakan tempat ikon-ikon  aplikasi yang sering digunakan.

c. Notification Area

Notification area berisi daftar aplikasi yang aktif ketika komputer dinyalakan.

d. Applet

Applet merupakan kumpulan aplikasi penunjang.

Pada panel bawah terdapat bagian-bagian berikut.

  • Show Desktop Button. Show Desktop Buttonmerupakan bagian untuk menampilkan atau menyembunyikan jendela aplikasi yang terdapat pada desktop.
  • Window list. Window list merupakan tempat tombol-tombol aplikasi yang sedang dibuka.
  • Workspace Switcher atau Pager. Workspace Switcher atau Pager merupakan bagian untuk pindah antarworkspace. Linux mendukung banyak workspace. Jika ada 2 buah workspace maka komputer seolah-olah memiliki 2 buah monitor.
  • Applet. Applet merupakan kumpulan aplikasi pelengkap. Saat ini hanya ada Trash pada Ubuntu yang fungsinya identik dengan Recycle bin pada Windows.

Jika pada windos Xp ada aplikasi bernama Windows Explorer maka pada Linux dapat kamu temukan aplikasi serupa bernama Nautilus. Nautilus disebut juga File Browser. Ada beberapa cara untuk menjalankan Nautilus.Salah satu caranya dengan meng-klik menu Places, kemudian pilih Home Folder.

Dasar Pengoperasian Ubuntu | admin | 4.5