Hal – Hal yang Bisa Dilakukan Sebagai User Pada Jaringan Komputer

Tuesday, May 9th, 2017 - TIK

Hal – Hal yang Bisa Dilakukan Sebagai User Pada Jaringan Komputer – Alhamdulillah sahabat pengguna jaringan komputer dimana saja berada, pada siang hari ini saya admin dari  katapendidikan.com kembali akan memberikan update artikel terbaru dengan Judul Hal – Hal yang Bisa Dilakukan Sebagai User Pada Jaringan Komputer. Apabila PC atau Laptop anda sudah terhubung dengan suatu jaringan komputer, mungkin selanjutnya anda akan bertanya : Apa saja yang bisa anda lakukan pada jaringan komputer tersebut?

Artikel ini akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut. Artikel ini akan membahas beberapa hal yang biasa dilalukan oleh network user pada sebuah jaringan komputer. Anda perlu mengetahuinya apabila anda menggunakan suatu network.

Hal - Hal yang Bisa Dilakukan Sebagai User Pada Jaringan Komputer

Hal – Hal yang Bisa Dilakukan Sebagai User Pada Jaringan Komputer

 

Apa yang bisa anda lakukan pada sebuah komputer lokal dan komputer yang telah terhubung dengan suatu network akan berbeda. Pada sebuah jaringan komputer anda akan mengerjakan hal-hal baru berikut:

  • Menggunakan network resources
  • Masuk ke Network (Loggin on)
  • Mengakses network drives
  • Menggunakan network printer,
  • Keluar dari network (logging off)

1. Menggunakan Network Resources

Salah satu perbedaan paling penting pada saat anda menggunakan komputer yang terisolasi dengan menggunakan komputer yang terhubung ke network adalah tentang network resources dan local resources.

Local resources adalah alat-alat seperti hard disk, printer , CD & DVD Room yang terpasang langsung pada komputer anda dan anda dapat menggunakan local resources ini tanpa harus terkoneksi ke suatu network.

Di sisi lain, network resources adalah seperti hard disk, printer dan alat lainnya yang terpasang di suatu komputer server pada sebuah jaringan komputer. Anda bisa menggunakan network resources hanya jika komputer anda terhubung pada network.

Jadi apabila anda menggunakan suatu komputer yang terhubung ke network, maka anda perlu mengetahui atau membedakan mana yang merupakan local resources dan mana yang merupakan network resources. Sebab akitifitas yang paling sering dilakukan pada sebuah jaringan komputer adalah menggunakan network resources.

Apabila anda ingin mengetahui cara mengakses network resources pada sistem operasi windows, anda bisa baca di:

Untuk mengetahui atau membedakan local resources dengan network resources maka semua hal yang ada pada jaringan komputer diberi nama. Tentang penamaan hal-hal yang ada pada jaringan komputer dapat anda baca pada: Penamaan Pada Jaringan Komputer yang Penting Diketahui.

Perlu anda ketahui bahwa, alat-alat yang terpasang pada komputer anda seperti hard disk, printer atau lainnya belum tentu milik anda sendiri ( local resources ). Sebab bisa saja alat-alat ini sudah di share pada user lain.

2. Masuk ke Suatu Jaringan ( Log On )

Aktifitas selanjutnya yang biasa dilakukan pada jaringan komputer adalah masuk ke jaringan( Log On )

Agar bisa mengakses jaringan anda harus melakukan log on terlebih dulu. Untuk log on anda membutuhkan username dan password yang anda peroleh dari administrator network.

Anda bisa log on dari komputer mana saja yang terhubung ke jaringan. Jadi anda tidak hanya bisa log on dengan komputer anda saja. Anda bisa melakukan ini karena jaringan komputer membedakan antara anda dan komputer yang anda gunakan melalui user ID dan computer name.

Ketika orang lain log on dengan komputer anda, maka orang tersebut tidak bisa mengakses network files milik anda yang terlindungi oleh password. Namun, orang tersebut dapat mengakses file lokal komputer anda yang tidak terlindungi oleh password. Jadi anda harus berhati-hati kalau harus memberikan komputer anda untuk dipakai oleh user lain.

3. Mengakses Shared Folder

Jika anda sudah terhubung dengan network, anda dapat mengakses hard disk yang berada pada komputer lain. Anda bisa mengambil file dari hard disk pada komputer server dan juga dapat mengambil dari komputer milik user lain yang telah di shared atau dibagi

Pada kasus-kasus tertentu hak akses hard disk tidak diberikan seluruhnya kepada user network. Namun beberapa folder bisa di-setting untuk di share. Folder-folder seperti ini dinamakan dengan shared folder pada terminologi sistem operasi window.

Aktifitas mengakses shared folder akan sering anda lakukan pada jaringan komputer. Shared folder kadangkala di proteksi oleh pemiliknya. Untuk kasus seperti ini anda harus mengetahui password untuk bisa mengakses shared folder.

Untuk membuat suatu folder menjadi sebuah shared folder, anda harus melakukan setting tertentu. Anda bisa membaca Bagaimana Cara Membuat Shared Folder bila ingin membuat sebuah folder bisa diakses melalui suatu jaringan komputer

4. Menggunakan Network Printer

Hampir sama dengan hard disk network, network printer juga bisa di bagi kepada user lain. Namun anda harus ingat bahwa network printer digunakan oleh banyak user. Jadi anda harus menunggu giliran apabila ada user lain yang lebih dulu dari anda mencetak file.

Anda bisa menggunakan lebih dari satu printer lokal maupun network. Jadi printer mana yang anda pilih untuk anda gunakan tergantung kebutuhan. Apabila anda tidak membutuhkan kualitas tinggi, biasanya lebih baik anda menggunakan printer lokal. Biasanya network printer adalah printer mahal dengan kualitas hasil yang bagus.

5. Keluar Dari Network ( Logging Off )

Aktifitas lain yang biasa dilakukan di jaringan komputer adalah logging off atau keluar dari network. Logging off berarti anda membuat semua network resources tidak bisa lagi digunakan dari komputer anda (unavailable).

Mengapa anda harus logging off jika sudah selesai menggunakan network?

Apabila anda meninggalkan komputer anda tetap dalam kondisi log in, user lain akan bisa menggunakan network resources dengan menggunakan user ID milik anda. Apabila user ini melakukan hal-hal yang tidak baik maka andalah yang akan menanggung akibatnya nati.

Demikianlah artikel tentang Hal – Hal yang Bisa Dilakukan Sebagai User Pada Jaringan Komputer, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin yarabbal alamin dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di katapendidikan.com

Hal – Hal yang Bisa Dilakukan Sebagai User Pada Jaringan Komputer | admin | 4.5