Kualitas Fitur Camera Smart Phone

Friday, January 27th, 2017 - Teknologi

Kualitas Fitur Camera Smart Phone – Alhamdulillah sahabat dan selamat pagi pengguna smart phone dimana saja berada di pagi yang sangat indah kembali saya akan membahas sebuah artikel yang cukup singkat tentang smart phone, adapun judul terbaru pada postingan kali ini yaitu Kualitas Fitur Camera Smart Phone, berikut Kualitas Fitur Camara Smart Phone sebagai berikut :

 

Kualitas Fitur Camera Smart Phone

Kualitas Fitur Camera Smart Phone

 

1. Megapixel

MP adalah singkatan dari Megapixel. Mari urutkan dari satuan terkecil. Pixel. Pixel adalah unsur gambar atau representasi sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis yang dihitung jumlahnya dalam tiap inci. Pixel sendiri berasal dari akronim bahasa Inggris Picture Element yang disingkat menjadi Pixel. KiloPixel. Ingat byte, kilo byte, megabyte. Hitungannya sama. Kilopixel berarti 1000 pixel. Lebih besar lagi Megapixel, artinya memiliki 1.000.000 Pixel.

2. Resolusi

Resolusi (Resolution) adalah suatu istilah kualitas gambar yang dihasilkan kamera, mengacu pada jumlah pixel pada layar atau lensa kamera. Semakin banyak jumlah pixel, semakin besar resolusi maka semakin besar ukuran gambar. Anda mungkin pernah mendengar sebuah kamera digital smartphone memiliki ukuran hingga 21 Megapixel. Ini merupakan kelemahan kamera digital yang rata-rata tidak memiliki Optical Zoom. Kamera lumnia saat ini sudah ada yang menggunakan kamera 41 Megapixel. Wow.

3. Auto Focus

Fokus otomatis (auto-focus) adalah fitur digital kamera ponsel, yang dapat mencari fokus gambar secara otomatis. Contoh jika Anda ingin menfoto sebuah objek, kamera akan mencari fokus secara otomatis objek utama tersebut. Ada dua jenis sistem auto focus.

Sistem Autofokus Phase Detection : Dalam sistem autofokus Phase Detection, kamera menggunakan sensor khusus untuk mendeteksi kontras dari cahaya yang masuk ke lensa. Cara mendeteksi kontras dilakukan dengan membelokkan cahaya dari lensa menggunakan cermin menuju dua buah sensor autofokus (bukan sensor foto).

Sensor ini mampu mendeteksi perbedaan fase cahaya yang masuk, saat mereka belum berimpit maka lensa akan terus digerakkan. Saat fase cahaya sudah berimpit (artinya gambar sudah fokus), maka sensor fokus akan memerintahkan kamera untuk menghentikan gerakan lensa dan mengunci fokus.

Sistem Autofokus Contrast Detection : Berbeda dengan sistem phase detection, sistem contrast detection kamera tidak membutuhkan sensor tambahan. Sistem ini mengandalkan sensor utama untuk mendeteksi apakah pola cahaya dari lensa sudah tajam atau belum.

4. Fixed Focus

Fokus Tetap (fixed-focus) adalah fitur fokus dasar pada kamera ponsel yang diatur pada jarak tertentu oleh pengguna dan tidak dapat disesuaikan. Kamera dengan fokus tetap membatasi kualitas dan jarak pemotretan yang minimum. Kamera jenis ini biasanya menggunakan lensa yang kecil.

5. Macro

Makro (Macro) adalah istilah yang digunakan untuk pengambilan gambar jarak dekat terhadap kamera ponsel. Mode makro memungkinkan pengambilan gambar atau foto dari jarak yang sangat pendek, misalnya foto close-up, dimana jenis ini biasanya dilengkapi dengan fitur fokus otomatis (auto-focus).

6. Optical Zoom

Optical Zoom adalah fitur yang banyak terdapat pada kamera Smartphone yang membuat gambar tampak lebih dekat daripada yang sebenarnya, menghasilkan efek pembesaran memakai satu set lensa optik. Optical Zoom tidak mengurangi kualitas gambar.

7. Digital Zoom

Digitial Zoom adalah fitur umum yang terdapat pada kamera ponsel, digunakan untuk membuat subjek tampak lebih dekat terhadap kamera. Kamera pada ponsel biasanya memiliki digital zoom. Digital zoom memiliki fungsi cropping. Ini yang membedakan dengan Optical Zoom. Cropping adalah fungsi untuk memotong gambar sehingga hasilnya memiliki resolusi atau ukurang yang lebih kecil dari ukuran gambar sebenarnya (Tanpa Digital Zoom).

8. Flash

Flash ini adalah lampu untuk memberikan tambahan cahaya yang terdapat pada kamera ponsel maupun kamera digital. Ada dua jenis Flash pada Smartphone.

Led Flash : Led Flash merupakan suatu lampu dioda biasa bukan seperti lampu blitz seperti xenon flash. Kelebihan Led Flash adalah lebih hemat daya, namun kurang terang untuk pemotretan pada malam hari dibandingkan dengan Xenon flash.

Xenon Flash : Xenon flash merupakan perangkat yang seperti lampu blitz yang membantu dalam pencahayaan kamera Ponsel/HP . Keuntungan Xenon Flash lebih kuat/lebih terang dibanding Led flash, namun boros energi. Jadi kalau memilih ponsel/hp berkamera, lebih baik dipahami dahulu apakah xenon atau LED yang dipakai untuk pemotretan.

9. Optical Image Stabilization

OIS adalah Optical Image Stabilizer atau Optical Image Stabilization. Ini merupakan mekanisme yang digunakan dalam kamera atau video kamera yang memiliki kemampuan untuk menstabilkan gambar yang ditampilkan atau direkam dengan memvariasikan jalur optik ke sensor. Teknologi ini diimplementasikan dalam lensa itu sendiri.

Fitur OIS beroperasi dengan menggerakkan sensor sebagai elemen terakhir dalam fungsi optik. Elemen kunci dari semua sistem stabilisasi optik adalah bahwa alat tersebut menstabilkan gambar yang diproyeksikan pada sensor sebelum sensor mengkonversi gambar menjadi informasi digital. Intinya fitur ini memudahkan Anda menfoto dalam keadaan kamera bergerak. Gambar akan tetap fokus dan baik walaupun objek atau kamera bergerak.

10. High Dynamic Range

High Dynamic Range (HDR) adalah sebuah fitur yang telah lama digunakan pada bidang fotografi yang kini digunakan juga sebagai salah satu fitur kamera smartphone. Fitur ini mampu menghasilkan hasil foto yang indah dengan detail dan pencahayaan yang menakjubkan. Memberikan efek pada foto berdasarkan pencahayaan.

11. Touch Focus

Anda dapat menentukan fokus objek hanya dengan menyentuh layar kamera. Misal ketika ada dua buah objek dengan posisi depan dan belakang, Anda dapat menggunakan fitur Touch Focus untuk menentukan mana objek yang ingin lebih di fokuskan dengan cara menyentuh layar smartphone.

12. Face Detection

Face detection berfungsi mendeteksi wajah orang yang menjadi objek agar selalu menjadi fokus lensa. Seperti autofocus, tetapi lensa akan focus ke wajah ketimbang lingkungan di sekitar.

13. Video

Fitur Video pada kamera ponsel mengacu pada kemampuan kamera dalam mengambil gambar bergerak. Biasanya kemampuan kamera dalam mengambil Video ditentukan dengan resolusi dan kecepatan. Contoh 1080 (30 fps) artinya kamera mampu merekam video dengan resolusi 1080 pixel dengan kecepatan 30 Fps.

FPS adalah Frame Per Second. Jumlah gambar yang mampu di tangkap dalam waktu 1 detik. Jadi 30 Fps berarti kamera mampu merekam 30 gambar dalam waktu 1 detik dengan resolusi 1080 pixel pada setiap gambarnya.

14.Geotagging

Geotagging adalah teknologi kamera yang memungkinkan gambar yang diambil untuk di tag lokasi pengambilannya.

Demikianlah artikel tentang Kualitas Fitur Camera Smart Phone, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di katapendidikan.com

Kualitas Fitur Camera Smart Phone | admin | 4.5