Maxwell Nvidia GeForce Berbasis Pascal

Tuesday, January 17th, 2017 - Teknologi

Maxwell Nvidia GeForce Berbasis Pascal – Alhamdulillah sahabat pada pagi hari saya akan memberikan postingan terbaru dengan Judul Maxwell Nvidia GeForce Berbasis Pascal. Nvidia berbasis Pascal ini sudah di gaungkan oleh Co-Founder Nvidia Jen-Hsun Huang jauh sebelum Nvidia memperkenalkan Titan X. Nama penerus arsitektur maxwell ini terinspirasi dari fisikawan legendaris, Pascal. Bagaimana detail performa teknologi terbaru nvidia ini ?

Arsitektur Pascal telah digarap oleh divisi R&D Nvidia selama kurang lebih 3 tahun. Fokus pada dua hal yaitu tenaga dan efisiensi daya. Mengapa? Kekuatan grafis ialah hal paling dasar dalam dunia komputer yang digunakan di berbagai bidang serta penting sebagai pemicu inovasi kerja sehari-hari, hiburan, hingga riset serta eksperimen. Dan Pascal merupakan lompatan terbesar dari teknologi saat ini.

Maxwell Nvidia GeForce Berbasis Pascal

Maxwell Nvidia GeForce Berbasis Pascal

 

Bicara tentang angka, Nvidia Pascal digadangkan memiliki kecepatan 10 kali kartu grafis berbasis Maxwell modern (GTX 900 series), dan memori hampir 3 kali lipat lebih besar dibanding Nvidia Titan X. Diklaim sebagai GPU paling canggih di dunia saat ini. Mayoritas, satu Computer atau device memerlukan satu kartu grafis. Ada beberapa gamer yang mengkonfigurasi 2 GPU, dan bahkan ada yang sampai 4 GPU. Lebih dari itu sudah tidak mungkin.

Keterbatasan teknologi SLI dan PCI Express merupakan alasannya. Pascal dibuat untuk mengatasi masalah tersebut. Melalui arsitektur Nvidia Pascal ini, Anda bisa memasangkan delapan buah GPU di satu PC jika Anda mau dan punya modal tentunya. Terdapat fitur NVLink, dimana kartu grafis mengusung pipa jalur data yang lebih besar sebagai jalan antara CPU dan GPU, memastikan arus data mengalir lebih dari 80GB per detik, saat ini hanya mencapai 16 gigabyte per detik.

Nvidia Pascal dilengkapi dengan fitur 3D Memory, chip-chip DRAM ditumpuk sehingga memperkecil volume kartu grafis. Artinya ukuran kecil namun memiliki performa tinggi sehingga dapat ditanam pada device berukuran minimalis.

Sang CEO memberi perbandingan. Berkat arsitektur Pascal, kita bisa mendapatkan 28 teraflop hanya dengan listrik 1.300 Watt. Sedangkan sekitar 15 tahun yang lalu, sebuah supercomputer membutuhkan satu juta Watt untuk mencapai 1 teraflop.

Pascal akan tersedia tahun ini, lalu disusul arsitektur Volta di 2018. Mari simak presentasi GTC 2015 Nvidia di bawah, Teknologi ini sudah diaplikasi oleh salah satu notebook dari Asus. Merupakan yang pertama menggunakan Nvidia berbasis Pascal. Asus Rog GL502VS Laptop Gaming Nvidia Pascal Pertama.

Demikian artikel tentang Maxwell Nvidia GeForce Berbasis Pascal, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di katapendidikan.com

Maxwell Nvidia GeForce Berbasis Pascal | admin | 4.5