Mengatasi Touchscreen yang Tidak Berfungsi

Monday, February 15th, 2016 - Teknologi

Mengatasi Touchscreen yang Tidak Berfungsi – Pada kesempatan ini admin Katapendidikan.com akan berbagi tentang Mengatasi Touchscreen yang Tidak Berfungsi, sebelumnya admin juga sudah berabgi tentang Cara Root Samsung Galaxy J7 dan Install TWRP Recovery.

Layar sentuh atau touchscreen adalah bagian yang paling penting dari sebuah smartphone. Jika bagian ini tidak bekerja, tentu saja smartphone tidak akan bisa dioperasikan seperti biasa. Touchscreen memang sangat populer pada era gadget saat ini karena memang sangat simpel, praktis, dan lebih mudah digunakan.

Mengatasi Touchscreen yang Tidak Berfungsi

Mengatasi Touchscreen yang Tidak Berfungsi

 

Karena touchscreen adalah bagian yang paling sering bersentuhan langsung dengan pengguna, tentu saja akan ada banyak sekali masalah yang datang. Tidak jarang smartphone dengan touchscreen mengalami respon yang lambat, tidak akurat bahkan tidak ada respon sama sekali.

Masalah tersebut tentu saja ada banyak sekali penyebabnya. Bisa karena masalah internal yaitu dari softwaresmartphone itu sendiri atau dari masalah hardware. Lalu bagaimana cara mengatasi touchscreen yang tidak berfungsi? Berikut ini kiat-kiat untuk pertolongan pertama pada touchscreen yang tidak berfungsi.

Cara Mengatasi Masalah pada Touchscreen Smartphone

Agar kalian bisa melakukan pertolongan pertama pada smartphone yang layarnya tidak bisa merespon dengan baik, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kalian praktikan sendiri dengan mudah.

Restart Perangkat

Cara pertama yang paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan restart pada perangkat. Tentu saja layar sentuh yang tidak berfungsi bisa saja terjadi karena ada sedikit masalah pada bagian dalam smartphone. Nah, untuk mengatasinya, kalian bisa mematikan sesaat smartphone kalian kemudian menyalakannya kembali. Jika perlu, lepas baterai pada perangkat selama beberapa menit.

Kalibrasi Layar Perangkat

Selain masalah hardware, layar sentuh yang tidak berfungsi bisa juga dikarenakan pengaturan layar tersebut memang tidak sesuai. Oleh karena itu kalian bisa melakukan kalibrasi layar melalui menu pengaturan.

Bersihkan RAM

RAM bisa menjadi salah satu faktor macetnya layar sentuh. RAM yang terlalu penuh tentu saja mengganggu kinerja smartphone sehingga tidak bisa berjalan seperti biasanya. Ada baiknya kalian juga mengecek penggunaan RAM yang ada saat itu. Selain itu kalian juga bisa memasang antivirus agar RAM tersebut terjaga dari serangan malware yang bisa merusak perangkat.

Cabut Memori Eksternal

Selain RAM, masalah juga bisa terletak pada memori eksternal yang digunakan. Tentu saja masalah ini akan terjadi jika memori terinfeksi oleh malware. Maka dari itu sebaiknya coba cabut memori eksternal kalian dan bersihkan terlebih dahulu.

Hapus Aplikasi yang Tidak Penting

Jumlah aplikasi yang digunkan ternyata juga berpengaruh pada kinerja layar sentuh perangkat. Saat ini kita bisa bebas menginstal aplikasi yang tersedia di Play Store, namun sebaiknya kalian harus membatasi jumlah aplikasi ini karena terlalu banyak aplikasi bisa membuat kinerja smartphone menjadi lelet dan menyebabkan error.

Bersihkan Layar

Bukan hanya masalah software, bisa jadi memang layar kalian bermasalah karena terkena debu atau kotoranlain. Keringat biasanya menjadi salah satu penyebab. Oleh karena itu coba kalian bersihkan layar smartphone kalian dengan kain atau pembersih kacamata.

Demikianlah bebrapa tips untuk Mengatasi Touchscreen yang Tidak Berfungsi dari admin Katapendidikan.com, semoga bermanfaat dan jangan lupa lihat juga Cara Root Samsung Galaxy J5.

Kata Kunci :

cara mengatasi glaksi j5 layar setuh
Mengatasi Touchscreen yang Tidak Berfungsi | admin | 4.5