Pengertian Program Komputer Secara Lengkap

Friday, July 14th, 2017 - TIK

Pengertian Program Komputer Secara Lengkap РAlhamdulillah sahabat dimanapun berada puji syukur kepada Allah S.W.T atas nikmat kesehatan sehingga pada pagi hari ini saya admin katapendidikan.com kembali akan memberikan update artikel terbaru dengan Judul Pengertian Program Komputer Secara Lengkap.

Program komputer, sebagian dari teman-teman pasti sudah mengenal kata ini bukan? Apalagi yang setiap hari berurusan sama komputer. Sebenarnya, apa sih definisi program itu sebenarnya?

Pengertian Program Komputer Secara Lengkap

Pengertian Program Komputer Secara Lengkap

 

 

Program komputer (juga disebut sebagai software atau hanya program) adalah serangkaian instruksi berurutan yang ditulis untuk melakukan serangkaian tugas untuk komputer. Komputer tak memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. Komputer hanyalah berupa alat yang digunakan untuk melakukan perhitungan-perhitungan dan serangkaian tugas yang dibebankan kepadanya. Pembuat program disebut sebagai programmer :D.

Jika diibaratkan program seperti jadwal kegiatan selama hari ini. Misal hari ini saya harus mandi, makan, ke kampus, rapat A, rapat B, makan, tidur, belajar, belanja, dsb. Kegiatan seperti di atas kita sebut sebagai instruksi apa yang harus kita lakukan saat itu. Dan daftar instruksi yang ditulis menjadi satu berkas utuh disebut sebagai program.

Nah secara umum, program memberikan kemampuan komputer untuk melakukan fungsi khusus. Komputer akan mengeksekusi atau menjalankan instruksi yang ada dalam program di dalam central processor. Program dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman sebagai alat untuk mengungkapkan ide sang programmer agar dapat dijalankan oleh komputer. Setelah ditulis dalam bahasa pemprograman, tidak serta merta apa yang kita tulis tersebut dapat dilaksanakan oleh komputer.

Komputer hanya mengerti bilangan biner dan instruksi-instruksi menggunakan bahasa mesin. Untuk membuat komputer mengerti maksud dan tujuan kita, diperlukanlah sebuah kompiler yang dapat menerjemahkan bahasa pemprograman ke bahasa mesin.

Namun ada juga komputer program yang tidak berupa kode bahasa mesin, namun berupa kode-kode khusus dan terkadang juga berupa kode-kode bahasa pemprograman. Program model ini memerlukan bantuan interpreter untuk menerjemahkan bahasa tersebut ke bahasa mesin sehingga dimengerti oleh perangkat keras.

Source code ditulis oleh seorang programmer dan ditulis dengan salah satu bahasa pemprograman (ya, inilah yang tadi saya bilang sebagai pengungkapan ide sang programmer) menggunakan dua paradigma utama yakni: pemprograman imperatif atau pemprograman deklaratif.Program komputer dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis yakni: system software dan application software.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Program Komputer Secara Lengkap, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin 3x, sekian sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di katapendidikan.com

Pengertian Program Komputer Secara Lengkap | admin | 4.5