Peranan TIK untuk Kemanjuan Bangsa Indonesia

Friday, December 30th, 2016 - TIK

Peranan TIK untuk Kemanjuan Bangsa Indonesia – Alhamdulillah pada malam hari kembali saya akan membagikan artikel terbaru dengan Judul Peranan TIK untuk Kemanjuan Bangsa Indonesia. Membangun Indonesia melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai urat nadi yang mampu mengalirkan informasi ke-seluruh elemen bangsa. Kemajuan suatu negara dilihat dari kualitas teknologi yang digunakan. TIK merupakan salah satu komponen untuk membangun bangsa Indonesia.

Peranan TIK untuk Kemanjuan Bangsa Indonesia

Peranan TIK untuk Kemanjuan Bangsa Indonesia

 

 

Sebelum beranjak membahas mengenai peran TIK terhadap kemajuan bangsa Indonesia, mari singgung sedikit tentang pengertiannya terlebih dahulu. Teknologi informasi merupakan penggunaan berbagai alat, dengan beberapa teknis untuk menghasilkan banyak produk informatif dan dipublikasikan ke berbagai media online maupun offline.

Berikut penjelasan singkat tentang alat, produk, teknis dan media teknologi informasi dan komunikasi :

Peranan TIK untuk Kemanjuan Bangsa Indonesia sebagai berikut

1. Peralatan yang Digunakan

Mungkin secara tidak sadar manusia sudah ketergantungan dengan alat TIK, beberapa contoh peralatan TIK adalah Komputer, Gadget, Kamera, Printer, Proyektor, dll. Semua alat yang digunakan untuk memproses dan menghasilkan produk informasi merupakan peralatan TIK.

2. Produk Teknologi Informasi dan Komunikasi

Ada banyak sekali produk TIK, namun secara garis besar dibagi menjadi 5 yaitu : text, gambar, suara, video dan aplikasi. Dari garis produk tersebut dapat dibagi lagi menjadi banyak bagian. Contoh : Video (Film, Iklan, Panggilan Video, dll) semua hal yang berhubungan dengan kamera dan gambar bergerak merupakan jenis informasi dalam format video.

3. Teknis yang Diterapkan

Beberapa teknis yang digunakan Pemrosesan, Manipulasi, Pengelolaan dan Pemindahan informasi antar media.

a.Media Publikasi

Media publikasi hasil TIK dibagi menjadi dua online (internet, website, sosial media, dll) dan offilne (penyiaran, percetakan, info grafis, dll).

Dari penjelasan singkat di atas, dapat ditarik garis besar bahwa teknologi informasi memiliki peran yang sangat vital terhadap kemajuan suatu bangsa. Termasuk Indonesia. Berikut sedikit penjabaran lebih lengkap tentang peran TIK terhadap kemajuan bangsa Indonesia :

Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Kemajuan Bangsa Indonesia

b. Pintu Dunia

Jarak dan waktu merupakan pembatas pergerakan umat manusia. Dahulu kala, berkirim surat dan pesan membutuhkan waktu cukup lama. Ukuran waktu pengiriman menggunakan satuan hari, Minggu atau Bulan.

Teknologi Informasi dan Komunikasi saat ini telah mengubah batasan-batasan tersebut. Satuan waktu hari, minggu dan bulan telah berubah menjadi detik, menit dan jam. Semuanya dapat dilakukan secara cepat melalui media online.

Dahulu pekerjaan dan pendidikan begitu sulit bagi sebagian orang. Datang langsung adalah jalan sebagian besar orang untuk memperoleh pendidikan dan pekerjaan. Jarak yang terlalu jauh menjadi penghalang niat baik tersebut.

Kini dengan semakin berkembangnya TIK, jarak dan waktu tidak lagi menjadi masalah. Bekerja dan belajar bisa dilakukan di rumah bahkan dimana saja.

Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Pintu Dunia membuka begitu banyak jalan kemudahan. Belajar, jual beli, informasi, komunikasi, bekerja dan lain sebagainya dapat dilakukan secara online.

Teknologi telah membuka lebar-lebar pintu informasi ke berbagai penjuru dunia. Komunikasi antar negara tidak lagi membutuhkan biaya mahal dan waktu yang lama.

Teknologi informasi dan komunikasi sebagai pintu dunia telah menghubungkan seluruh penduduk bumi dengan satu media. Media Online.

4. Hubungan dan kerja sama antar negara menjadi semakin mudah. Persaingan global semakin tinggi.

Cepat atau lambat suatu negara wajib ikut serta bersaing di jaman globalisasi saat ini. Pemanfaatan dan pengembangan TIK adalah salah satu jalan agar bangsa Indonesia dapat bersaing di kancah internasional.

Demikianlah artikel tentang Peranan TIK untuk Kemanjuan Bangsa Indonesia, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di katapendidikan.com

Peranan TIK untuk Kemanjuan Bangsa Indonesia | admin | 4.5