Perangkat Internal Komputer

Thursday, August 6th, 2015 - TIK

Perangkat Internal Komputer – Bagi anda yang sudah familiar dengan perangkat keras komputer, tentu anda tahu bukan apa itu perangkat keras komputer dan apa saja fungsi dari setiap perangkat keras komputer tersebut. Namun jika anda masih kurang familiar atau anda sedang baru belajar di dalam ilmu komputer, kali ini penulis akan membuat postingan yang mengulas Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya yang bisa anda ikuti berikut ini.

Perangkat Internal Komputer

Perangkat Internal Komputer

 

Apa Itu Perangkat Keras Komputer?

Perangkat keras komputer atau disebut juga hardware merupakan seluruh perangkat komputer yang dapat di lihat secara fisik atau dapat diraba secara nyata yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi dan saling bekerja sama untuk mencapai tujuan dalam sistim komputer.

Pada umumnya terdapat 3 bagian utama dalam perangkat keras komputer yaitu bagian perangkat input, proses dan perangkat output. Setiap bagian ini mempunyai tugas dan fungsi yang berbeda, dan jika salah satu bagian tersebut menemui kendala, tentu saja akan mempengaruhi kinerja komputer.

Untuk lebih jelasnya dibawah ini akan dijelaskan apa saja fungsi dari tiap-tiap bagian perangkat keras komputer seperti yang telah disinggung di atas. Perangkat keras yang menjadi “otak komputer” disebut CPU (Central Processing Unit). CPU ada di dalam kotak atau casingkomputer dan umumnya hanya dapat dilihat jika kamu membuka casing-nya. Jika kamu menggunakan casing komputer yang tembus pandang, kamu dapat melihat CPU tanpa harus membuka casing.

CPU dan beberapa komponen lainnya dapat dijumpai pada sebuah papan induk (mainboard) atau motherboard. Masih ingatkah kamu dengan komputer yang pertama dibuat? Bandingkan ukuran komputer tersebut dengan ukuran motherboard PC.

Pada motherbord, ada jalur-jalur tembaga yang menghubungkan setiap komponen. Motherboard diibaratkan seperti sebuah kota yang memiliki banyak bangunan. Adapun jalur-jalur tembaga bagaikan jalanjalan yang menghubungkan setiap bangunan. Jadi, ada banyak komponen yang dapat dijumpai pada sebuah motherboard.

Beberapa komponen utama motherboardsebagai berikut.

  • CPU (Central Processing Unit) disebut juga prosesor.
  • RAM (Random Acces Memory) atau memori komputer.
  • BIOS (Basic Input Output System) atau ROM.
  • Chipset, sekumpulan chipyang memiliki fungsi khusus.
  • VGA cardatau graphics card.
  • Expansion slot, sekumpulan slotyang digunakan untuk memasang perangkat tambahan.

Motherboard dibuat oleh berbagai pabrik sehingga tipe dan bentuknya beraneka ragam. Perhatikan gambar salah satu motherboard berikut.

Umumnya sebuah komputer memerlukan perangkat tambahan yang disebut peripheral. Peripheralbiasanya berupa piranti inputatau output. Untuk menghubungkan peripheraldengan motherboard maka dibuatlah berbagai tipe port interface(antar muka). Umumnya, interfaceini dapat dijumpai di belakang casing komputer.

Kata Kunci :

perangkat internal komputer,perangkat internal,perangkat internal hardware adalah,perangkat internal dalam komputer,perangkat internal adalah,Perangkat hardware internal,komponen internal komputer,komponen hardware internal komputer,jelaskan yang di maksud dengan perangkat internal dalam komputer,jelaskan fungsi hardware internal komputer
Perangkat Internal Komputer | admin | 4.5