Potensi Internet of Things Bidang Pertanian

Sunday, May 7th, 2017 - TIK

Potensi Internet of Things Bidang Pertanian  – Alhamdulillah sahabat pecinta internet dimana saja berada pada kesempatan kali ini di malam hari yang sangat indah ini saya admin dari katapendidikan.com kembali akan memberikan update artikel terbaru dengan Judul Potensi Internet of Things Bidang Pertanian .

Cukup mengejutkan, inovasi-inovasi internet of things ( IoT ) pada industri pertanian mengungguli beberapa industri lainnya. Pemain-pemain di bisnis teknologi informasi sepertinya sangat tertarik mengembangkan solusi – solusi berbasis internet of things pada bidang pertanian ini. Bidang pertanian berpotensi besar mengadop kekuatan yang dimiliki internet of things.

 

Potensi Internet of Things Bidang Pertanian

Potensi Internet of Things Bidang Pertanian

Sebagai bukti, kita bisa lihat dari uang atau investasi yang dikeluarkan oleh perusahaan-perusahaan tersebut untuk uji coba solusi internet of things di bidang pertanian ini.

1.Besar Investasi Pengembangan Internet of Things Pada Industri Pertanian Meningkat

Secara total jumlah investasi yang dikeluarkan untuk pengembangan solusi pertanian ber-basis internet of things adalah sebesar 270 milliar dollar. Sebagai gambaran beberapa applikasi yang dikembangkan dan sangat internet of things adalah:

  • Conservis menaikkan jumlah investasi untuk mengembangkan aplikasi untuk membantu petani memantau secara real time operasi – operasi di pertanian.
  • Farm Log menaikkan jumlah dana untuk pengembangan aplikasi bisa mengidentifikasi jenis tanaman yang paling baik ditanam agar memberikan keuntungan yang maksimal.
  • Eric Schmidth & Flextronics Lab mengeluarkan aplikasi Farm2050, sebuah aplikasi yang bertujuan untuk meningkat produksi pertanian. Target Farm2050 adalah membantu industri pertanian agar mampu memberi makan manusai yang akan bertambah populasinya sebanyak 2 miliar jiwa.

2.Environment pertanian yang berpotensi dioptimasi dengan menggunakan internet of things

Namun kenyataan bahwa bidang pertanian sangat banyak dijadikan sebagai lab pengembangan internet of things belum di sadari banyak orang. Apabila seseorang ditanya apakah itu internet of things dan apa implementasinya. Kebanyakan orang masih menjawab dengan memberikan contoh seperti smart city atau smart transportation atau hal lainnya yang bersifat metropolis.

3. Mengapa Internet of Things Berpotensi Pada Bidang Pertanian?

Jawabannya tidak lain adalah karena kekuatan internet of things cocok sekali di implementasikan pada bidang pertanian ini. Berikut adalah karakteristik bidang pertanian, yang berpotensi sekali disentuh oleh IoT:

4. Optimasi Produk

Saat ini, untuk optimasi produk pertanian analisa yang tepat terhadap situasi – situasi tertentu seperti perkiraan cuaca atau lainnya lebih kritikal dibanding perluasan lahan.
Untuk menghasilkan keputusan yang tepat petani membutuhkan data real time tentang operasi dan proses produksi. Teknologi wireless, GPS Sistem dan cloud bisa membantu petani untuk hal ini.

5. Penanggulangan Hama

Menemukan cara penanggulangan hama selain penggunaan pestisida sudah sejak lama menjadi isu dibidang pertanian.

Dari sisi komersial pencarian alternatif ini bertujuan untuk menurunkan cost produksi. Namun dari sisi customer, trend penggunaan produk organik juga semakin tinggi.

Monitoring jumlah hama menggunakan sensor network bisa menjadi solusi. Apabila sensor mendeteksi jumlah hama pengganggu terlalu tinggi, informasi ini bisa disampaikan pada sistem otomatis pengontrol hama untuk diambil tindakan. Ini bisa menggantikan penggunaan pestisida di beberap kasus.

6. Penggunaan Resources Secara Efektif

Resources utama pada pertanian adalah air dan unsur hara tanah. Komponen ini harus digunakan secara efisien. Kekurangan air dan unsur hara tanah adalah musuh utama yang bisa menyebabkan gagal panen. Sehingga penggunaannya harus di kelola dan di kontrol secara detil dan tepat.

Menggunakan kekuatan internet of things, petani bisa mengukur, dan mendeteksi dari dini kekurangan komponen-kompenen utama dalam pertanian ini. Lalu secara efisien, bisa mengelola penggunaan energi yang digunakan. Semuanya secara real time.

7.Optimasi Operasi Produksi

Beberapa operasi produksi pertaniannya adalah pemupukan, penyemprotan hama dan panen. Semua kegiatan ini menggunakan mesin – mesin atau peralatan khusus.

Menggunakan internet of things petani bisa mengetahui secara real time posisi peralatan mereka. Dengan adanya data tersebut mereka melakukan analisa dan menentukan dengan tepat dimana daerah operasi produksi dengan efisien. Ini akan berdampak pada hasil pertanian mereka.

Demikianlah artikel tentang Potensi Internet of Things Bidang Pertanian , semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin ya rabbal alamin dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di katapendidikan.com dan tak lupa juga saya ucapkan banyak terimakasih atas kunjungan di blog kami ini.

Potensi Internet of Things Bidang Pertanian | admin | 4.5