Berahirnya Masa Orde Baru

Berahirnya Masa Orde Baru РAlhamdulillah sahabat dimanapun berada, puji syukur kepada Allah S.W.T yang mana yang telah memberikan salah satu nikmat dari sekian banyaknya nikmat yang diberikannya salah satunya nikmat kesehatan, sehingga pada malam dini hari juga saya admin katapendidikan.com akan memberikan update terbaru artikel kami dengan Judul Berahirnya Masa Orde Baru.

Berahirnya Orde Baru

Berahirnya Orde Baru

 

Secara subtansial, berakhirnya pemerinatahn orde baru lebih di sebabkan karena ketidakmampuan pemerintah dalam mengatasi persoalan bangsa dan negara.

Faktor-faktor pendorong berakhirnya orde baru diantaranya adalah akibat:

1. Krisis moneter

Hal ini dikarenakan ketergantungan Indonesia pada modal asing dan barang-barang impor sangat tinggi. Hal ini diperparah dengan ketidakmampuan Indonesia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

2. Krisis ekonomi

Krisis ekonomi pada masa orde baru ditandai dengan:

  • Lemahnya investasi sehingga dunia industri dan usaha mengalami keterpurukan
  • Produktifitas dunia industrimengalami penurunan sehingga PHK menjadi satu-satunya alternatif
  • Angaka pengangguran tinggi sehingga pendapatan dan daya beli masyarakat menjadi sangat rendah

3. Krisis politik

Sebagian besar masyarakat hanya ingin kehidupan yang tertib, tenang, damai, adil, makmur, dll. Namun semua itu tidak bisa lepas dari pemerintahan Presiden Suharto. Oleh karena itu, jawaban yang paling realistik adalah menuntut Presiden Suahrto untuk turun dari jabatannya.

4. Krisis sosial

Krisis sosial pada masa pemerintahan orde baru terjadi karena adanya demonstrasi, kerusuhan, kekacauan, pembakaran, penjarahan, pengangguran, dan PHK.

5. Krisis hukum

Kekuasaan kehakiman yang merdeka dari kekuasaan pemerinath belum dapat di realisasikan. Bahkan dalam praktiknya, kekuasaan kehakiman menjadi pelayanan lepentinagn para penguasa dan kroni-kroninya. Memang harus di akui bahwa sistem peradialan pada masa orde baru tidak dapat dijadiakn barometeruntuk mewujudkan pemerintahan yantg bersih dan bebas korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

Di tengah gejolak kemarahan massa yang meluas, Presiden Soeharto mengundurkan diri pada 21 Mei 1998, tiga bulan setelah MPR melantiknya untuk masa bakti ketujuh. Presiden Soeharto kemudian memilih sang Wakil Presiden, B. J. Habibie, untuk menjadi presiden ketiga Indonesia. Mundurnya Soeharto dari jabatannya pada tahun 1998 dapat dikatakan sebagai tanda akhirnya Orde Baru, untuk kemudian digantikan Era Reformasi.

Demikianlah artikel tentang Berahirnya Masa Orde Baru, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya tentunya hanya bersama dengan kami di katapendidikan.com

Berahirnya Masa Orde Baru | admin | 4.5