Cara Membuat Baking Soda dan Baking Powder

Cara Membuat Baking Soda dan Baking Powder – Alhamdulillah sahabat dimanapun berada pada kesempatan kali di malam hari ini saya admin katapendidikan.com akan kembali memberikan update artikel yang terbaru dengan judul Cara Membuat Baking Soda dan Baking Powder . Baking soda merupakan sebuah senyawa tersendiri, sedangkan baking powder adalah campuran bahan kimia yang sama dengan satu atau dua bahan lain.

Baking soda adalah natrium bikarbonat, sedangkan baking powder natrium bikarbonat ditambah satu atau dua macam asam ; asam+tartrat atau kalium hydrogen tartrat atau tetra hydrogen fosfat dan kalau double-acting, natrium aluminium sulfat.

Cara Membuat Baking Soda dan Baking Powder

Cara Membuat Baking Soda dan Baking Powder

 

Banyakkah bahan kimia dalam makanan kita?. Sebenarnya, jika anda dapat melihat rumus-rumus kimia dalam semua protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral dalam makanan, mungkin anda bisa kehilangan selera makan sama sekali. Bahan kimia sama seperti para koboi dalam cerita western; ada yang baik dan ada yang jahat, jadi anda tinggal pintar-pintarmemilih mana yang teman dan mana yang lawan.

Sejauh ini, bahkan penganjur makanan alami yang paling “jahat” pun tidak menemukan alasanuntuk mengeluhkan bahan kimia yang terkandung dalam bakin powder. Dari penjelasan yang tadi mungkin anda mengenal bahan kimia yang namanya : natrium (Na), kalium (K), kalsium (Ca), fosfor, sulfur (S), dan aluminuim (Al). semuanyan tidak hanya tidak berbahaya, tetapi juga perlu untuk hidup kita ( kecuali mingkin aluminium (Al)). Dan semua atom karbon ( C ), oksigen (O), dan hydrogen (H) dalam bahan-bahan kimia itu sebagian besar berubah menjadi karbon dioksida (CO2) dan air yang tidak berbahaya ketika terkena panas oven.

Yang paling penting yaitu karbonat dalam natrium bikarbonat. Karbonat akan berubah menjadi gas karbon dioksida ketika terkena panas atau asam. Dan itulah mengapa kita sering memakai karbonat dalam membuat adonan kue. Dengan adanya karbonat ini akan membuat adonan kue kita akan mengembang karena adanya gas karbon dioksida yang dihasilkan, karena membuat kue terisi dengan jutaan gelembung kecil karbon dioksida. Ketika kita memanaskan kue di dalam oven maka gelembung-gelembung gas itu akan terperangkap, yang kemudian akan menghasilkan cake atau biscuit yang ringan seperti busa dan endapan pasta tepung kering yang keras dan liat.

Baking soda juga akan menghasilkan karbon dioksida apabila bereaksi dengan asam seperti : cuka, yoghurt, atau dadih susu. Dengan adanya asam itu bahan ini akan menghasilkan karbon dioksida sampai suhu 2700c. tapi reaksinya dengan asam dimulai setelah kedua bahan diaduk, anda akn melihat gelembung-gelembung terbentuk dalam adonan kocok butter milk pancake.

Baking powder adalah baking soda dengan asam kering yang memerlukan asam lain. Setelah baking powder basah maka baking powder juga akan membentuk karbon dioksida.

Komposisi dari baking powder yaitu : monokalsium tetrahidrogen fosfat, asam tartrat, dan kalsium tartrat. Kita pasti tidak ingin baking powder yang kita miliki melepaskan seluruh gasnya begitu dicampur ke dalam adoanan, sebelum adonan itu menangkap gelembung-gelembungnya. Untuk itu, para ahli menyiapkan baking powder yang double-acting artinya bubuk ini hanya melepaskan sebagian gasnya saat pengadukan, sedangkan sisanya dilepaskan ketika suhu dalam oven cukup tinggi.

Membakar kue adalah perkara yang sangat rumit. Masih banyak lagi peristiwa kimia yang terjadi hanya untuk mengembangkan adonannya. Selama bertahun-tahun, banyak sekali bahan pengembang yang ditemukan. Maka, apabila anda mandapatkan resep yang baik, turutilah semua petunjuknya.

Demikianlah artikel tentang Cara Membuat Baking Soda dan Baking Powder, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin ya rabbal alamin dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di katapendidikan.com

Cara Membuat Baking Soda dan Baking Powder | admin | 4.5