Cara Mengenal Partai Politik dengan Baik

Saturday, May 12th, 2018 - Sejarah

Cara Mengenal Partai Politik dengan Baik – Alhamdulillah sahabat dimanapun berada puji syukur atas nikmat kesehatan yang di berikan oleh Allah S.W.T sehingga pada kesempatan sore ini saya admin dari katapendidikan.com kembali akan memberikan update artikel yang terbaru dengan judul Cara Mengenal Partai Politik dengan Baik.

Banyak orang yang suka berorganisasi. Bahkan tidak hanya orang – orang dewasa saja yang berorganisasi, anak – anak sekolah pun juga banyak yang mengikuti organisasi. Wadah – wadah untuk berorganisasi pun sudah disediakan, seperti halnya OSIS, Basket, Rohis, dan lain – lain.

Cara Mengenal Partai Politik dengan Baik

Cara Mengenal Partai Politik dengan Baik

 

Semua itu adalah oraganisasi – organisasi yang sudah dibentuk di sekolah yang dibina oleh guru – guru sekolah tersebut. Di universitas – universitas pun juga banyak organisasi – organisasi yang sudah terbentuk. Organisasi di sekolah sangat penting untuk membentuk karakter siswa siswi di sekolah tersebut. Terlebih lagi jika organisasi tersebut maju atau memiliki beberapa kegiatan yang positif, hal tersebut dapat membentuk pola pikir yang cerdas.

Dalam masyarakat luas, organisasi juga ada seperti halnya RT atau RW, muda mudi atau karang taruna, dan juga pengajian. Di dalam dunia yang lebih luas lagi ada yang dinamakan organisasi politik yang dapat disebut sebagai partai politik. Partai politik ini sudah banyak sekali bermunculan di Negara kita. Banyak sekali partai – partai politik yang baru saja didirikan

Partai politik pertama-tama lahir di negara-negara Eropa Barat. Dengan meluasnya gagasan bahwa rakyat merupakan faktor yang perlu diperhitungkan serta diikutsertakan dalam proses politik, maka partai politik telah lahir secara spontan dan berkembang menjadi penghubung antara rakyat di satu pihak dan pemerintah di pihak lain.

Sarjana Eropa yang telah mempelopori studi partai politik antara lain M.Ostrogorsky (1902) dan Robert Michels (1911).

Definisi Partai Politik

Secara umum partai politik adalah suatu kelompok yang terorganisir yang anggota-anggotanya mempunyai orientasi, nilai-nilai dan cita-cita yang sama. Tujuan kelompok ini ialah untuk memperoleh kekuasaan politik dan merebut kedudukan politik- (biasanya/umunya dengan cara konstitusionil).

Carl J. Friedrich : Partai politik adalah “ sekelompok manusia yang terorganisir secara stabil dengan tujuan merebut atau mempertahankan penguasaan terhadap pemrintahan bagi pemimpin partainya dan, berdasarkan penguasaain ini memberikan kapada anggota partainya kemanfaatan yang bersifat idiil maupun materiil”.

Sigmund Neumann (1956) dalam karangannya Modern Political parties, mengemukakan definisi sebagai berikut : “Partai Politik adalah oraganisasi ativis-aktivis politik yang berusaha untuk menguasai kekuasaan pemerintahan serta merebut dukungan rakyat atas dasar persaingan dengan suatu golongan-golongan lain yang mempunyai pandangan yang berbeda”.

Partai berbeda dengan gerakan (Movement). Suatu gerakan politik merupakan kelompok atau golongan yang ingin mengadakan perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga politik atau ingin menciptakan suatu tata masyarakat yang baru sama sekali, dengan memakai cara-cara politik.

Tujuan gerakan politik sifatnya fundamental (mendasar) dan ideologis. Berbeda dengan partai politik, gerakan politik sering tidak mengadukan nasib dalam pemilihan umum.

Cara Mengenal Partai Politik dengan Baik | admin | 4.5