Cara Terbaik Agar Wifi Aman dari Pembajakan

Monday, July 24th, 2017 - TIK

Cara Terbaik Agar Wifi Aman dari Pembajakan – Alhamdulillah sahabat dimana saja berada pada malam yang sangat indah ini saya admin katapendidikan.com kembali akan memberikan update artikel terbaru dengan Judul Cara Terbaik Agar Wifi Aman dari Pembajakan. menurut wikipedia.org  Wi-Fi (/[unsupported input]ˈwaɪfaɪ/, juga ditulis Wifi atau WiFi) adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi.

Cara Terbaik Agar Wifi Aman dari Pembajakan

Cara Terbaik Agar Wifi Aman dari Pembajakan

 

Sebagian besar dari kamu pasti memiliki Wi-Fi di rumah, atau modem yang di bawa ke mana-mana. Ada beberapa kegunaan Wi-Fi seperti menghemat kuota, dan bisa berbagi akses dengan orang terdekat. Namun bagaimana jika orang asing iseng membajak Wi-Fi milik kamu?.

Berikut Cara Terbaik Agar Wifi Aman dari Pembajakan sebagai berikut :

1. Rutin Mengganti Password Wi-Fi

Ini adalah cara yang paling sederhana untuk mengamankan Wi-Fi. Kamu bisa melakukannya melalui pengaturan router. Biasanya, ada panduan untuk mengubah kata sandi di tiap router.

Pilihlah kata sandi yang mudah diingat, tapi cukup sulit dibajak. Lebih baik lagi menggunakan gabungan huruf kecil, kapital, dan angka. Meskipun agak merepotkan, tapi lebih baik mencegah daripada memperbaiki, bukan?

2. Cek Pengguna Wi-Fi

Setelah mengubah kata sandi Wi-Fi, beberapa pengaturan lain perlu dilihat. Di laman pengaturan, biasanya terdapat daftar siapa saja yang sedang menggunakan Wi-Fi kamu. Jika ada gawai asing, kamu perlu mewaspadainya.

3. Gunakan Aplikasi untuk Memantau

Ada tips tambahan, yaitu menggunakan aplikasi. Misalnya saja Fing yang tersedia untuk Android dan iOS. Untuk pengguna Windows bisa gunakan Acrylic Wi-Fi, sedangkan untuk macOS, gunakan Who Is On My Wi-Fi.

4. Update Router

Untuk meningkatkan keamanan, kamu juga perlu meng-update sistem operasi router. Pastikan router kamu menjalankan sistem operasi terbaru. Biasanya, tiap update akan menghadirkan peningkatan keamanan. Kamu bisa temukan caranya di buku panduan tiap router.

5. Instal VPN

Meskipun Virtual Private Network (VPN) tidak membantu sepenuhnya, setidaknya VPN menambah lapisan keamanan Wi-Fi. Kalaupun orang asing bisa menembus jaringan Wi-Fi, mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk mengintip hasil browsing dan data kamu.Sebagai catatan, jika kamu memasang VPN, hal ini akan menyebabkan sedikit penurunan kecepatan internet.

Demikianlah artikel tentang Cara Terbaik Agar Wifi Aman dari Pembajakan, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin 3x dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di katapendidikan.com

Cara Terbaik Agar Wifi Aman dari Pembajakan | admin | 4.5