Data Link Kontrol

Data Link Kontrol  – Lapisan data-link (data link layer) adalah lapisan kedua dari bawah dalam model OSI, yang dapat melakukan konversi frame-frame jaringan yang berisi data yang dikirimkan menjadi bit-bit mentah agar dapat diproses oleh lapisan fisik.

Lapisan ini merupakan lapisan yang akan melakukan transmisi data antara perangkat-perangkat jaringan yang saling berdekatan di dalam sebuah wide area network (WAN), atau antara node di dalam sebuah segmen local area network (LAN) yang sama. Lapisan ini bertanggungjawab dalam membuat frame, flow control, koreksi kesalahan dan pentransmisian ulang terhadap frame yang dianggap gagal. MAC address juga diimplementasikan di dalam lapisan ini. Selain itu, beberapa perangkat seperti Network Interface Card (NIC), switch layer 2 serta bridge jaringan juga beroperasi di sini.

Data Link Kontrol

Data Link Kontrol

 

Karena kemungkinan bisa terjadi kesalahan pada transmisi, serta karena re­ceiver data perlu mengatur rate terhadap data yang diterimanya, teknik sinkronisasi dan interfacing saja tidak cukup. Oleh karena itu perlu untuk membuat lapisan kontrol pada setiap perangkat komunikasi yang menyediakan fungsi seperti flow control, pendeteksian kesalahan, dan kontrol kesalahan. Lapisan kontrol ini disebut data link control protocol.

Flow Control

Adalah suatu teknik untuk memastikan / meyakinkan bahwa suatu stasiun transmisi tidak menumpuk data pada suatu stasiun penerima. Tanpa flow control, buffer dari receiver akan penuh sementara sedang memproses data lama. Karena ketika data diterima, harus dilaksanakan sejumlah proses sebelum buffer dapat dikosongkan dan siap menerima banyak data.

LAPB

LAPB (Link Access Procedure Balance) dikeluarkan oleh ITU-T sebagai bagian dari standar interface jaringan packet-switching X.25. Ini merupakan subbagian dari HDLC yang hanya menyajikan asynchronous balanced mode (ABM); serta dirancang untuk jalur ujung-ke-ujung antara sistem pengguna dan simpul jaringan packet-switching. Format frame-nya sama dengan format frame HDLC.

LAPD

LAPD (Link Access Procedure, D-Channel) dikeluarkan oleh ITU-T sebagai bagian dari susunan rekomendasi untuk ISDN (Integrated Services Digital Network). LAPD menyajikan kontrol data link sepanjang canel D, yang merupakan canel logik pada interface ISDN-user. Terdapat beberapa perbedaan mendasar antara LAPD dan HDLC. Sama seperti LAPB, LAPD dibatasi untuk ABM. LAPD selalu menggunakan nomor urut 7-bit; sedangkan nomor 3-bit tidak dibiarkan. FCS untuk LAPD selalu CRC 16-bit. Terakhir, bidang alamat untuk LAPD adalah bidang 16-bit yang sebenarnya berisikan dua subalamat: satu dipergunakan untuk menentukan salah satu perangkat multiple yang mendukung yaitu: di sisi pengguna, sedangkan yang lain dipergunakan untuk menentukan salah satu pengguna logik yang ada dari LAPD di interface pengguna.

Logical Link control (LLC)

LLC merupakan bagian dari kelompok standar IEEE 802 untuk mengontrol operasi pada Local Area Network (LAN). LLC tidak memiliki beberapa bentuk seperti yang ditemukan dalam HDLC namun memiliki bentuk-bentuk yang tidak ada pada HDLC. Perbedaan yang paling jelas antara LLC dan HDLC adalah dalam hal format frame. Fungsi kontrol jalur dalam LLC dibagi bagi antara dua lapisan, yakni: lapisan Medium Access Control (MAC) dan lapisan LLC, yang beroperasi pada bagian atas lapisan MAC.

Data Link Kontrol | admin | 4.5