Fenomena Ikatan Hidrogen Secara Lengkap

Thursday, January 18th, 2018 - Kimia

Fenomena Ikatan Hidrogen Secara Lengkap – Alhamdulillah sahabat pada malam hari ini saya admin dari katapendidikan.com kembali lagi akan memberikan update artikel yang terbaru dengan Judul Fenomena Ikatan Hidrogen Secara Lengkap. Hidrogen (bahasa Latin: hydrogenium, dari bahasa Yunani: hydro: air, genes: membentuk) adalah unsur kimia pada tabel periodik yang memiliki simbol H dan nomor atom 1. … Dengan massa atom 1,00794 amu, hidrogen adalah unsur teringan di dunia.

Fenomena Ikatan Hidrogen Secara Lengkap

Fenomena Ikatan Hidrogen Secara Lengkap

 

Titik didih suatu senyawa biasanya meningkat seiring dengan bertambahnya bobot molekulnya. Kita ambil contoh misalnya gas metana (CH4) yang mempunyai bobot molekul 16,04 gram.mol-1, mempunyai titik didih lebih rendah dari asam klorida (HCl), yang mempunyai bobot molekul 36,46 gram.mol-1. Hal ini disebabkan karena semakin tinggi bobot molekul suatu senyawa, maka akan dibutuhkan energi yang lebih besar untuk memutuskan ikatan intermolekulnya.

Sebagai analogi, kita bisa mengambil contoh gajah dan kambing. Kita dengan mudah dapat memindahkan kambing dari suatu tempat ke tempat yang lain, karena bobot kambing tersebut tidak begitu berat. Lain halnya jika kita bermaksud untuk memindahkan seekor gajah. Kita akan membutuhkan energi jauh lebih banyak untuk melakukannya, jika dibandingkan untuk memindahkan seekor kambing.

Akan tetapi terjadi pengecualian pada tiga senyawa, yaitu amonia (NH3), asam florida (HF) dan air (H2O). Kita ambil contoh senyawa yang sangat dekat dengan kehidupan kita, yaitu air (H2O). Air yang mempunyai bobot molekul 18,02 gram.mol-1, mempunyai titik didih yang lebih tinggi daripada asam sulfida (H2S), yang memiliki bobot molekul 34,08 gram.mol-1. Jika kita berpijak pada teori yang disebutkan di awal artikel, maka seharusnya asam sulfida (H2S) akan mendidih pada suhu yang lebih tinggi daripada air (H2O). Akan tetapi pada suatu percobaan, air mendidih pada suhu 100oC, sedangkan asam sulfida mendidih pada suhu kurang dari 100oC.

Setelah dilakukan penelitian yang panjang dan teliti, ditemukan penjelasan yang logis tentang keanehan tersebut. Ternyata di dalam air (H2O), terdapat sebuah ikatan yang disebut ikatan hidrogen. Ikatan hidrogen adalah ikatan yang terjadi antara atom hidrogen dengan atom yang sangat elektronegatif, yaitu flour (F), nitrogen (N) dan oksigen (O), yang mana dalam kasus air (H2O), terjadi ikatan antara atom hidrogen dengan atom oksigen. Ikatan ini memiliki gaya intermolekul yang agak kuat, dengan energi sekitar 15 sampai 40 kJ.mol-1, sehingga dibutuhkan energi yang cukup besar untuk memutuskan ikatan intermolekulnya. Hal inilah yang membuat air (H2O) memiliki titik didih yang lebih tinggi daripada asam sulfida (H2S).

Fenomena Ikatan Hidrogen Secara Lengkap | admin | 4.5