Jenis – Jenis Awan

Jenis – Jenis Awan – Alhamdulillah sahabat dimana saja berada pada kesempatan yang baik ini kembali saya akan memberikan update terbaru artikel dengan Judul Jenis – Jenis Awan.Awan adalah tetesan air atau kristal es yang membentuk kumpulan didalam atmosfer akibat dari adanya pemadatan atau pengembunan uap air yang ada didalam udara yang telah berada di titik jenuh.

Adapun proses terbentuknya awan terjadi akubat dari udara yang selalu mengandung uap air dan saat uap air meluap maka akan membentuk suatu titik-titik air, sehingga dari titik-titik air tersebut maka terbentuklah awan. Peluapan yang dapat menyebabkan terjadinya awa tersebutdapat terjadi dalam dua cara diantaranya yaitu sebagai berikut:

Jenis - Jenis Awan

Jenis – Jenis Awan

 

Apabila udara panas, saat udara sedang dalam keadaan panas maka uap air yang terkandung dilam udara akan semakin banyak pula karenanya air akan lebih cepat bereaksi terhadap udara panas. Udara panas yang banyak mengandung air ini akan naik setinggi mungkin hinnga mencapai lapisan yang memiliki suhu yang lebih rendah, sehingga uap air yang dibawa oleh udara panas tadi akan mencair dan terbentuklah awan dengan membentuk molekul-molekul dari titik air yang sangat banyak jumlahnya.

Suhu udara yang tidak mengalami perubahan, akan tetapi keadaan atmosfer bumi tetap lembab hal ini dapat mengakibatkan udara semakin lama akan menjadi semakin tepis dengan uap air.

Apabila titik-titik air mengalami pertemuan dengan udara panas, titik-titik air tersebut akan menguap dan akan menyebabkan awan dapat menghilang. Hal tersebut menandakan bahwa awandapat berubah-ubah bentuk. Air yang terkadung di dalam awan akan bergantian menguap dan mencair. Awan dikelompokkan dalam Jenis-jenis

Jenis – Jenis Awan sebagai berikut :

Jenis Awan Tinggi : terletak pada ketinggian yang berbeda ; kawasan tropis pada ketinggian 6-18 km, pada kawasan beriklim sedang pada ketinggian 5-13 km, dan di kawasan kutup pada ketinggian 3-8 km. Macam-macam awan pada jenis awan tinggi diantaranya:

Awan Cirrus (Ci) : berbentuk seperti bulu burung.
Awan Cirrocumulus (Ci-Cu) : berbentuk seperti segerombolan domba
Awan Cirrostatus (Ci-St) : berbentuk seperti kelambu putih yang halus

Jenis Awan Menengah – pada kawasan tropis terletak pada ketinggian 2-8 km, pada kawasan sedang terletak pada ketinggian 2-7 km, dan kawasan kutup utara terletak pada ketinggian 2-4 km. Macam-macam awan pada jenis awan menengah diantaranya:

Awan Alto Cumulus (A – Cu) : berbentuk seperti bola yang agak tebal, bergerombol dan saling berdekatan
Awan Alto Stratus (A-St) : awan tebal dan luas dengan warna kelabu
Jenis Awan Rendah – terletak pada ketinggian kurang dari 3 km. Macam-macam awan pada jenis awan rendah diantaranya:

Awan Strato Cumulus (St-Cu) : berbentuk seperti bola yang memiliki lapisan tipis dan sering menutupi langit sehingga terlihat seperti gelombang lautan.
Awan Stratus (St) : awan rendah nan luas, berada dibawah 200 m. Lapisan melebar mementuk menyerupai kabut dan berlapis-lapis.

Awan Nimbo Stratus (Ni-St) : awan yang memiliki bentuk tidak menentu, tak beraturan dan berwarna putih
Jenis Awan Udara Naik – terletak pada ketinggian antara 500- 1500 m. Macam-macam awan pada jenis awan udara naik diantaranya:

Awan Cumulus (Cu) : awan tebal membentuk puncak-puncak yang tinggi
Awan Cumola Nimbus (Cu-Ni) : awan yang menimbulkan hujan disertai dengan kilat guntur.

Demikianlah artikel tentangĀ Jenis – Jenis Awan, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami di katapendidikan.com

Jenis – Jenis Awan | admin | 4.5