Jumlah Pengangguran di Indonesia Tahun 2018

Tuesday, October 16th, 2018 - Ekonomi

Jumlah Pengangguran di Indonesia Tahun 2018 – ALhamdulillah sahabat dimanapun berada pada pagi yang sangat indah ini saya admin dari katapendidikan.com kembali akan memberikan update artikel yang terbaru dengan Judul Jumlah Pengangguran di Indonesia Tahun 2018. Kepala BPS, Suhariyanto, menyebutkan bahwa TPT terbanyak berada di Jawa Barat, yang berada di angka 8,16%. Di posisi kedua dan ketiga ada Banten di angka 7,72% dan Maluku di angka 7,38%. Persentase pengangguran paling rendah berada di Bali dengan 0,86%, Sulawesi Barat dengan 2,45%, dan Bengkulu dengan 2,70%. Sedangkan jika dilihat dari tingkat pendidikan, lulusan Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK menyumbang porsi pengangguran terbanyak, yaitu sebesar 8,92%.

Alasan Masih Banyaknya Jumlah Penduduk yang Menganggur

Angka pengangguran yang mengalami penurunan ini sayangnya masih bisa dikatakan cukup banyak. Penyebabnya ternyata tak lain tak bukan adalah faktor preferensi, di mana masih banyak lulusan baru yang terlalu memilih-milih pekerjaan. Hal ini disampaikan sendiri oleh Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kerja dari Kementerian Ketenagakerjaan RI, Bambang Satrio Lelono, pada tahun 2017 lalu. Menurutnya, masih banyak lulusan sarjana yang tidak mau melakukan sembarang pekerjaan karena dianggap tidak setara dengan kompetensi yang dimiliki. Alhasil, para lulusan ini malah menganggur dan tidak bekerja sama sekali.

Jumlah Pengangguran di Indonesia Tahun 2018

Jumlah Pengangguran di Indonesia Tahun 2018

 

Selain faktor tersebut, masih ada lagi faktor yang berperan dalam masalah pengangguran, yaitu tidak sesuainya kompetensi ilmu dengan kebutuhan di dunia kerja dan kualifikasi yang dimiliki. Kualifikasi yang dimaksud merupakan kemampuan yang tidak sesuai, seperti seorang sarjana dengan kompetensi rendah, sehingga mendapatkan pekerjaan dengan level yang tidak sesuai. Faktor ekonomi juga berperan dalam masalah satu ini. Di Indonesia, masih banyak masyarakat yang belum mampu membiayai pendidikan hingga ke jenjang yang lebih tinggi. Hal ini didukung dengan data dari Statistik Persekolahan SMA 2017/2018 yang dirilis Kemdikbud. Laporan ini menunjukkan sekitar 31.123 murid yang putus sekolah di jenjang SMA.

Masalah pengangguran memang masih menjadi PR tersendiri bagi pemerintah, namun bukan berarti para pengangguran hanya bisa duduk diam sambil menunggu saja. Kamu yang masih berkuliah ataupun lulusan baru yang sudah tidak sabar melepas status pengangguran, lakukan beberapa hal berikut agar bisa segera mendapatkan pekerjaan.

Mulai dari Magang

Sebagai lulusan baru, tidak ada salahnya kamu mencoba program magang terlebih dahulu. Selain untuk mengisi waktu nganggur, magang juga bermanfaat untuk mengeksplor minat dan kemampuanmu, lho! Melalui program ini, para lulusan bisa mendapatkan pelajaran yang belum diberikan di bangku kuliah serta melakukan praktik langsung. Magang juga cocok untuk menilai minat dan kemampuanmu dalam suatu bidang, apalagi jika kamu mengincar posisi yang tidak sesuai dengan jurusan kuliahmu.

Coba Menjadi Pekerja Lepas atau Pekerja Paruh Waktu

Sekarang sudah banyak pilihan pekerjaan lepas atau paruh waktu yang bisa kamu coba. Misalnya, menjadi barista di coffee shop ataupun menjadi penulis freelance. Jangan sepelekan pekerjaan seperti ini, ya! Meskipun bukan menjadi pegawai korporat, nyatanya pekerjaan sampingan seperti freelance atau paruh waktu juga bisa kamu manfaatkan untuk mendapat pengalaman dan pelajaran yang mungkin belum kamu kuasai, seperti manajemen waktu, mengasah skill baru, melatih kemampuan komunikasi interpersonal, hingga bekerja sama dalam tim. Semua hal ini nantinya dijamin akan bermanfaat deh saat kamu sudah bekerja full–time!

Aktif di Berbagai Organisasi

Tips satu ini bisa dikatakan sebagai tips klasik yang akan kamu temui. Bukan tanpa sebab, setiap mahasiswa atau lulusan baru selalu disarankan untuk aktif terlibat dalam organisasi karena hal ini bisa mengasah kemampuanmu. Belajar bagaimana mengatur sebuah event, membuat proposal, bekerja sama dalam tim, mengatasi suatu masalah, dan menjalin hubungan dengan orang lain merupakan sedikit dari banyak hal yang bisa kamu dapat. Selain organisasi di kampus, kamu juga bisa lho aktif dalam organisasi sosial hingga organisasi non-profit yang kamu minati!

Poles CV agar Lebih Menarik

CV merupakan senjata awal untuk merebut perhatian recruiter, karena itu sebaiknya CV disusun dengan sebaik mungkin. Masukkan informasi penting terkait pendidikan dan pengalaman kerjamu, serta tulis juga deskripsi singkat mengenai keahlian yang bisa kamu lakukan. Pastikan juga CV-mu terlihat profesional dengan tulisan yang mudah dibaca dan foto yang rapi.

Satu hal lagi yang perlu dilakukan agar bisa mendapatkan pekerjaan yaitu dengan rajin mencari dan mengirimkan lamaran kerja. Tidak perlu bingung mencari pekerjaan yang sesuai dengan minatmu, sign up di Glints sekarang dan temukan banyak lowongan di berbagai industri favorit!

Jumlah Pengangguran di Indonesia Tahun 2018 | admin | 4.5