Kapur Tulis dan Board Marker Terlengkap

Tuesday, January 9th, 2018 - Kimia

Kapur Tulis dan Board Marker Terlengkap – Alhamdulillah sahabat dimanapun berada pada sore hati ini saya admin dari katapendidikan.com akan kembali memberikan update artikel yang terbaru dengan judul Kapur Tulis dan Board Marker Terlengkap. Sering batuk-batuk karena menulis dengan kapur tulis? Merasa lebih nyaman menggunakan spidol meski terkadang bau menyengat tercium? Tahukah Anda mana yang sebenarnya lebih aman digunakan?

Kapur Tulis dan Board Marker Terlengkap

Kapur Tulis dan Board Marker Terlengkap

 

Dulu, orang menulis di atas batu atau dedaunan dengan menggunakan peralatan seperti paku. Setelah manusia mengenal pengolahan berbagai macam bahan kimia, kapur dan papan tulis muncul sebagai substitusi. Dewasa ini, seiring perkembangan zaman, telah dikenal boardmarker atau spidol sebagai alat tulis untuk whiteboard. Kehadirannya lambat laun telah menggeser penggunakan kapur tulis. Tapi, pernahkah kita berpikir mengapa di era modern seperti sekarang ini orang Jepang justru masih bertahan dengan kapur tulisnya?

Kapur tulis adalah produk kimia yang dibuat dari kalsium karbonat, CaCO3. Dalam penggunaannya, debu kapur dapat beterbangan dan menyebabkan batuk, bersin, atau iritasi pada mata. Namun, berdasarkan penelitian, kapur tulis justru tidak membahayakan pernafasan kita.

Seperti yang dikutip dari website kingdom.blogspot.com, ”dari penelitian laboratorium ITB, kandungan kapur tulis tidak membahayakan pernafasan. Hanya mungkin butiran kapur tulis kadang menyebabkan sedikit rasa panas di kulit (untuk beberapa orang).”

Partikel kapur tulis masih termasuk berukuran besar, sehingga walaupun berterbangan di udara, ia akan tersaring oleh filter pertama yang ada pada tubuh manusia, yaitu hidung. Bulu-bulu di hidung dapat menahan partikel kapur tulis sehingga tidak masuk ke paru-paru. Karena tertahan oleh bulu hidung itulah kita jadi sering bersin jika berlama-lama menggunakan kapur tulis.

Berbeda dengan kapur, spidol yang beberapa diantaranya masih mengandung xylene (zat yang menimbulkan bau khas pada spidol) lebih berbahaya karena partikel yang dihasilkan jauh lebih kecil sehingga dapat masuk ke paru-paru dan mengendap. Hal ini tentu dapat menyebabkan penyakit.

Sungguh ironis jika mengingat bahwa gengsi orang Indonesia cukup tinggi. Yang penting keren dan beken, masalah lain bisa di-nomor-dua-kan. Yang penting dibilang modern, kesehatan jadi urusan belakangan. Begitu praktis dan mudahnya menggunakan spidol, hingga beberapa orang masih saja ada yang berkata, “hari gini masih pakai kapur tulis?!”.

Ada apa dengan orang Indonesia? Bukankah menggunakan kapur tulis jauh lebih aman? Apalagi sekarang sudah banyak kapur tulis yang berkualitas tinggi. Kini sudah ada kapur bebas debu, dimana debu dari kapur akan melekat dan jatuh pada papan tulis sehingga tidak beterbangan. Hal ini terjadi karena kapur tersebut memiliki bahan molekul yang lebih berat. Selain itu, sudah ada papan tulis yang dilengkapi dengan magnet yang dapat menarik debu kapur sehingga lebih aman bagi pengguna.

Demikianlah artikel Kapur Tulis dan Board Marker Terlengkap, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di katapendidikan.com

Kapur Tulis dan Board Marker Terlengkap | admin | 4.5