Keuntungan dan Kerugian Penggunaan Intranet

Keuntungan dan Kerugian Penggunaan Intranet –  Internet pertama kali muncul pada tahun 1969 yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui proyek ARPA atau disebut ARPANET (Advance Research Project Agency Network). Proyek ini awalnya dibangun untuk keperluan militer. Namun ternyata proyek ini menjadi berkembang pesat sehingga yang mulanya hanya 4 situs universitas kini banyak universitas dari berbagai negara ingin bergabung.

Keuntungan dan Kerugian Penggunaan Intranet

Keuntungan dan Kerugian Penggunaan Intranet

Intranet adalah satu jaringan (Private Network) yang menggunakan protokol internet TCP/IP untuk berbagi informasi penting dalam lingkup lokal. Misalnya digunakan pada perkantoran/perusahaan, sekolah, universitas, dll. Intranet juga merupakan suatu jaringan LAN (Local Area Network) yang hanya mencakup wilayah lokal/kecil.

Perbedaan Internet & Intranet

Internet :

  1. Jaringannya yang luas & cepat (seluruh dunia).
  2. Perkembangannya sangat pesat.
  3. Bisa digunakan oleh siapa saja dan kapan saja.

Intranet :

  1. Jaringannya yang sempit (lokal).
  2. Perkembangannya lambat.
  3. Biasa digunakan oleh perkantoran/perusahaan, sekolah, universitas, dan organisasi lainnya.

Adapun keuntungan penggunaan intranet sebagai berikut :

Produktivitas kerja, Intranet membantu pengguna untuk menemukan informasi secara cepat, menggunakan aplikasi yang sesuai dengan pekerjaan dan tanggung jawabnya, serta mengakses database yang diperlukan.  Efesiensi Waktu, Dengan Intranet, organisasi/perusahaan dapat memberikan informasi yang lebih lengkap kepada para anggotanya/karyawan.

Komunikasi,Intranet memberikan fasilitas yang memungkinkan komunikasi efektif di dalam sebuah organisasi, baik secara vertical (bawahan-atasan)maupun horizontal.  System publikasi web : memungkinkan data-data organisasi/perusahaan diakses secara mudah misalnya pedoman anggota/karyawan, data keuntungan, kebijakan organisasi/perusahaan, data pelatihan.

Efektivitas Biaya, pengguna data dapat melihat atau membaca data melalui web browser .
Keseragaman Informasi : Intranet menjamin keseragaman informasi yang diterimakarena semua pengguna melihat informasi yang sama di intranet.

Meningkatkan Kerjasama : Dengan informasi yang mudah diakses oleh semua pengguan resmi (internal), kualitas kerja tim (team work) akan maningkat. Sedangkan dari segi kelemahan intranet antara lain :

  1. Informasi yang salah atau tidak sesuai dapat juga beredar melalui intranet sehingga mengurangi efektivitasnya.
  2. Dalam perkembangan interaksi di intranet ada juga kemungkinan untuk mengirimkan hal-hal yang kurang sesuai (kasar/kurang sopan).
  3. Diperlukan pelatihan (training) untuk mendidik anggota/karyawan untuk menggunakan intranet.
  4. Diperlukan tenaga ahli untuk membangun dan mengembangkan intranet di sebuah organisasi/perusahaan.
    Petimbangan keamanan data,kemungkinan terjadinya overload (data penuh).
Keuntungan dan Kerugian Penggunaan Intranet | admin | 4.5