Laporan PKL Jaringan Komputer

Laporan PKL Jaringan Komputer – Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Kerja Praktek Lapangan ini dengan baik.

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Sumber manusia merupakan salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan suatu perusahaan untuk mencapai tujuannya yaitu memperoleh laba dan kesinambungan usaha. Dengan mengolah sumber daya manusia tidak dilakukan dengan baik maka,akan menimbulkan kerugian bagi perusahaan.

Laporan PKL Jaringan Komputer

Laporan PKL Jaringan Komputer

 

Keberhasilan suatu perusahaan tidak hanya ditentukan oleh adanya faktor produksi yang dimiliki namun bagaimana cara mengolah usaha tersebut,hal tersebut di kenal dengan istilah manajemen. Manajemen adalah kemampuan untuk mengerakkan, mengatur, mengelolah, mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan. Dimana dalam proses operasinya untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan faktor pendukung untuk menghasilkan nilai produksi dapat terpenuhi dengan tersedianya sumberdaya manusia yang kompeten disetiap bidang, sehingga terpenuhinya kedua faktor tersebut maka eksitensi suatu perusahaaan akan berjalan baik.

Kemampuan dan keterampilan dari sumber daya manusia yang ada pada perusahaan merupakan aspek yang perlu di perhatikan oleh pihak manajemen, karena sumber daya yang ahli dan terampil akan menghasilkan output yang berkualitas.

Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda merupakan suatu bentuk pengenalan kepada siswa SMK tentang lingkungan kerja. Pendidikan Sistem Ganda dapat membina siswa untuk menunjukkan semua kemampuannya dalam melaksanakan kerja yang di berikan. Siswa belajar cara berkomunikasi yang baik dengan orang lain di lingkungan kerja yang bertujuan siswa menjadi aktif dalam berkomunikasi.Pendidikan Sistem Ganda pada PT Kaltim Prima Coal yang merupakan perusahaan tambang terbesar di Indonesia dan telah sangat dikenal oleh masyarakat luas. Disini pelaksanaakan Pendidikan Sistem Ganda di PT Kaltim Prima Coal untuk mendapat pengetahuan tentang perusahaan pertambangan khususnya tambang batubara.
Laporan Pendidikan Sistem Ganda mengambil judul (Upaya Peningkatan Kompetensi Melakukan Instalasi Perangkat Jaringan Local Local (LAN) Dalam Jaringan Wireless Dengan Sistem Informasi Barcode di PT.Kaltim Prima Coal) karena memiliki kegiatan yang sesuai dengan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Disini akan dibahas tentang penerapan jaringan nirkabel di fuel station.

Penerapan Jaringan dalam Barcoding System di latar belakangi karena saat ini transaksi pengeluaran data bensin pada stasiun pengisian bensin tambang masih dilakukan secara manual. Dispenser bensin dioperasikan oleh operator dan operator mencatat nomor LV dan jumlah bensin pada lembar laporan. Hal ini sangat berpotensi tinggi transaksi hilang karena dicatat secara manual,lembar laporan yang tidak jelas dan tidak dicatatnya transaksi pengisian bahan bakar dan kesalahan total dalam pengisian bahan bakar pertamax.
Untuk menanggapi meningkatnya permintaan bahan bakar pertamax, ketepatan dalam perhitungan untuk mengurangi kerugian dari kesalahan operator, KPC menerapkan manajemen sistem untuk bahan bakar pertamax. Sistem manajemen pengisian bahan bakar pertamax harus di pasang pada pengeluaran bahan bakar bensin untuk memberikan laporan yang akurat dan waktu yang tepat dari jumlah bahan bakar yang diisi kesetiap unit LV

Sistem barcoding baru yang akan mengidentifikasi LV ID. Operator menggunakan barcode scanner yang akan mengidentifikasi LV ID dan memasukkan data bahan bakar yang dikeluarkan pada setiap transaksi. Sebuah PC standar akan mendonwload hasil transaksi yang tercatat dan akan digunakan untuk mekanisme bahan bakar back-charge dan meramalkan permintaan bahan bakar untuk mempertahankan stok.

1.2 Tujuan Pendidikan Sistem Ganda

Adapun tujuan dari yang diperoleh selama Pendidikan Sistem Ganda sebagai berikut :

  • Mengenalkan dan memberi pengetahuan kepada siswa bagaimana lingkungan kerja.
  • Mendapatkan ilmu pengetahuan tentang penerapan jaringan di lingkungan kerja.
  • Mengetahui proses perencanaan pemasangan jaringan wifi dilingkungan kerja.
  • Penyesuaian ilmu yang dipelajari disekolah dengan apa yang dilakukan di lingkungan kerja.

1.3 Rumusan Masalah

Jika tidak menggunakan PC dan jaringan dilokasi tempat kerja atau Fuel station maka petugas kantor harus mengambil fuel scanner di fuel station untuk di download di back office lamanya waktu 45 menit untuk berjalan dan mendownload data.Sejauh manakah jaringan wifi mengeliminasi atau memperpendek waktu yang terbuang tersebut?

Laporan PKL Jaringan Komputer | admin | 4.5