Materi Jaringan Komputer

Materi Jaringan Komputer –  Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

 

Materi Jaringan Komputer

Materi Jaringan Komputer

 

Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronikyang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer” adalah “yang mengolah informasi” atau “sistem pengolah informasi.” Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata “komputer”, dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.

Di tengah-tengah perkembangan yang begitu pesat dari ilmu pengetahuan dan penerapannya yang disebut teknologi  –khususnya teknologi informasi dan komunikasi– berimplikasi ilmu tentang jaringan (network) komputer  menjadi kebutuhan kita, paling tidak hal itu wajib menjadi pengetahuan kita.

Jaringan komputer secara sederhana dapat diartikan sebagai sebuah sistem yang terdiri atas dua atau lebih komputer beserta software dan  perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama, seperti (1) membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, hardisk, CPU, (2) komunikasi: contohnya e-mail, chat, social-network, seperti facebook, twitter, skype, dsb., dan (3) Akses informasi: contohnya web browsing, dan sebagainya.

Jaringan komputer adalah himpunan “interkoneksi” antara 2 komputer autonomous atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel(wireles). Bila sebuah komputer dapat membuat komputer lainya restart, shutdown, atau melakukan kontrol lainya, maka komputer komputer tersebut bukan autonomous (tidak melakukan kontrol terhadap komputer lain dengan akses penuh).

Secara lebih detail tentang jaringan komputer, berikut ini saya unggah materi ajar untuk  Jaringan Komputer sebagai berikut :

  1. Pengetian Jaringan Komputer
  2. Topologi Jaringan Komputer
  3. Macam-macam Jaringan Komputer
  4. Manfaat Jaringan Komputer
  5.  Jenis – jenis Jaringan Komputer
  6. Perangkat Jaringan Komputer
  7. Perangkat Keras Jaringan Komputer
  8. Sejarah Jaringan Komputer
  9. Perangkat Lunak Jaringan Komputer
  10. Sistem Jaringan Komputer
  11. Artikel Jaringan Komputer
  12. Jaringan Komputer dan Internet
  13. Keamanan Jaringan Komputer
  14. Modul Jaringan Komputer

Demikianlah artikel tentang Materi Jaringan Komputer semoga bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sekian dulu dari katapendidikan.com

Materi Jaringan Komputer | admin | 4.5