Memahami Dasar – dasar Pengunaan Internet

Memahami Dasar Dasar Pengunaan Internet : Internet adalah sumber daya informasi yang menjangkau seluruh dunia di mana antara satu computer dengan computer lain di dunia dapat saling berhubungan atau berkomunikasi. Internet adalah kumpulan computer yang terhubung yang satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan yang sangat luas.

Secara fisik disebut sebagai jarring laba-laba (The Web) yang menyelimuti bola dunia dan terdiri atas titik-titik (node) yang saling berhubungan. Noda bisa berupa computer, jaringan lokal atau peralatan komunikasi, sedangkan garis penghubung antar simpul disebut sebagai tulang punggung (backbone) yaitu media komunikasi terrestrial (kabel, serat optic, microwave, radio link) maupun satelit.

Node terdiri atas pusat informasi dan database, peralatan computer dan perangkat interkoneksi jaringan serta peralatan yang dipakai pengguna untuk mencari, menempatkan dan atau bertukar informasi di internet.

Cikal bakal Internet adalah ARPANET (Advented Research Project Agency), sebuah jaringan eksperimen milik Pemerintah Amerika Serikat berbasis komunikasi data paket yang didirikan di tahun 1969.

Tujuan :

Untuk menghubungkan para periset ke pusat – pusat computer, sehingga mereka bisa bersama-sama memanfaatkan sarana computer seperti disk space, data base dan lain-lain. Kegiatan ini disponsori oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, bersama lembaga yang dinamakan Advanted Reseacrh Project  Agency (ARPA).

Memahami Dasar - dasar Pengunaan Internet

Memahami Dasar – dasar Pengunaan Internet

 

Selain itu tujuan berikutnya adalah untuk membentuk  suatu jaringan komputer yang tersebar sehingga apabila terjadi peperangan, informasi tidak akan hilang karena informasi tersebut disimpan secara tersebar tidak hanya pada satu titik.

Pengertian Internet :

Dewasa ini penggunaan internet sudah merambah berbagai bidang kehidupan, baik bidang social, budaya, ekonomi, teknologi, maupun pendidikan. Ada banyak manfaat yang bisa peroleh dari penggunaan internet ini, di antaranya adalah cepatnya proses pencarian informasi dan pengetahuan/berita tentang hal tertentu dan kemudahan melakukan komunikasi  secara murah.

Internet adalah merupakan kependekan dari inter-network adalah gabungan jaringan komputer di seluruh dunia yang membentuk suatu system jaringan informasi global.

di internet, ada dua tipe komputer, yaitu komputer server (server computer) dan komputer client (client computer). Informasi dan layanan yang ada di internet disediakan oleh komputer server, sedangkan komputer client hanya dapat mengakses informasi atau layanan di komputer server tersebut.

Dunia internet kadang juga disebut sebagai dunia cyber. Di internet, seseorang dimungkinkan untuk memalsukan identitasnya dalam berkomunikasi dengan pengguna internet lain. Oleh karena itu, kita perlu waspada dalam berhubungan dengan pengguna internet lain yang belum kita kenal sebelumnya. Banyak sekali korban kejahatan yang dilakukan melalui internet yang sebagian besar diakibatkan oleh kurang hati-hatinya pengguna internet dalam menyikapi informasi yang tersaji dihadapannya. Kejahatan melalui internet sering disebut cybercrime.

Memahami Dasar – dasar Pengunaan Internet | admin | 4.5