Mengenal Lebih dalam dengan Tumbuhan Paku

Mengenal Lebih dalam dengan Tumbuhan Paku – Alhamdulillah sahabat puji syukur kepada Allah S.W.T yang mana yang telah memberikan nikmat kesehatan sehingga pada malam hari kembali saya akan memberikan update artikel terbaru dengan Judul Mengenal Lebih dalam dengan Tumbuhan Paku. Pencinta tanaman hias tentu mengenal suplir. Daunnya berwarna hijau namun batang berwarna cokelat kehitaman. Menurut para ahli, tumbuhan paku memiliki ciri-ciri istimewa yang tidak dimiliki oleh tumbuhan lainnya. Ciri-ciri khusus tumbuhan paku adalah:

Mengenal Lebih dalam dengan Tumbuhan Paku

Mengenal Lebih dalam dengan Tumbuhan Paku

 

  • Merupakan tumbuhan kormus (mempunyai akar, bantang, dan daun sejati)
  • Hidup di mana-mana (kosmopolit)
  • Berkembang biak dengan spora,
  • Hidupnya mengalami regenerasi (pergiliran keturunan)
  • Tidak menghasilkan bunga atau biji\
  • Daun muda menggulung
  • Hidup di tempat yang lembab.

Tumbuhan paku umumnya lebih dikenal daripada tumbuhan lumut, karena tumbuhan paku lebih besar dan lebih mudah diamati. Tumbuhan paku sudah mempunyai akar, batang, dan daun sejati, tetapi tidak berbunga. Pada akar dan batang tumbuhan paku terdapat berkas pembuluh pengangkut. Tumbuhan paku banyak dipelihara sebagai tanaman hias.

Batang tumbuhan paku kebanyakan berada di bawah tanah. Batang semacam ini disebut rimpang dan rhizoma. Akan tetapi, tidak semua jenis tumbuhan paku mempunyai rhizoma. Ada jenis tumbuhan paku yang tumbuh tegak di atas tanah. Jenis tumbuhan ini disebut tumbuhan paku pohon. Akar tumbuhan paku berfungsi untuk menahan tumbuhan di tanah dan mengisap air serta zat makanan. Adapun tumbuhan daun paku tumbuh dari rhizoma lalu menembus permukaan tanah, atau tumbuh dari batang di atas tanah. Daun yang muda, ujungnya menggulung dan berbulu.

Pada permukaan bagian bawah daun yang dewasa sering dijumpai bintik-bintik hitam yang disebut sorus. Di dalam sorus terdapat banyak kotak spora (sporangium), yang masing-masing mempunyai tangkai. Setiap sporangium dilindungi oleh suatu selaput yang bernama indusium. Ada juga daun yang tidak menghasilkan spora disebut daun mandul (steril). Sebaliknya, daun yang mempunyai spora disebut daun subur (feril). Tumbuhan paku hidup di tempat yang teduh dan lembab atau basah, yaitu ada di tanah, di air, dan menumpang di pohon-pohon sebagai epifit. Ada pula tumbuhan paku yang hidup dengan baik dalam cuaca panas dan lembap, yaitu jenis tumbuhan paku pohon. Tumbuhan paku dikelompokkan menjadi tiga kelas, yaitu:

  1. Tumbuhan paku kawat atau tumbuhan paku rambut (Lycopodinae)
  2. Tumbuhan paku ekor kuda (Equisetinae)
  3. Tumbuhan paku benar (Filicinae)

Demikianlah artikel tentang Mengenal Lebih dalam dengan Tumbuhan Paku, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di katapendidikan.com

Mengenal Lebih dalam dengan Tumbuhan Paku | admin | 4.5