Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer

Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer – Alhamdulillah sahabat puji syukur kepada Allah S.W.T atas nikmat kesehatan yang di berikannya sehingga pada malam hari ini saya admin katapendidikan.com kembali akan memberikan update artikel yang terbaru dengan Judul Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer

Kata “jaringan komputer” mungkin sudah tidak asing lagi bagi telinga kita, mengingat hampir setiap hari kita melibatkan jaringan komputer dalam pekerjaan kita. Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data, aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer.

Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer

Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer

Istilah jaringan komputer sendiri juga dapat diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung. Tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah agar informasi/ data yang dibawa pengirim (transmitter) dapat sampai kepada penerima (receiver) dengan tepat dan akurat.

Jaringan komputer memungkinkan penggunanya dapat melakukan komunikasi satu sama lain dengan mudah. Selain itu, peran jaringan komputer sangat diperlukan untuk mengintegrasi data antar komputer-komputer client sehingga diperolehlah suatu data yang relevan.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node.

Manfaat Jaringan Komputer

  1. Komputer memungkinkan beberapa komputer berbagi satu perangkat keras misalnya printer. Hal Ini dapat menghemat biaya membeli printer untuk setiap komputer karena setiap komputer yang dikaitkan dapat dihubungkan dengan satu printer saja.
  2. Jaringan memungkinkan setiap orang berbagi informasi, data dan juga program.Perangkat lunak tidak lagi perlu diinstall di setiap komputer karena program-program yang ada dalam satu komputer bisa digunakan dengan komputer-komputer lain yang dikaitkan.
  3. Jaringan ini memungkinkan hubungan efektif menggunakan e-mail (E-Mail).
  4. Jaringan memungkinkan informasi-informasi dalam database perusahaan diperolehdengan cepat.
  5. Jaringan ini memastikan keamanan informasi.
Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer | admin | 4.5