Pengertian, Fungsi, dan Peran serta Perkembangan Pers di Indonesia

Wednesday, April 18th, 2018 - PKN

Pengertian, Fungsi, dan Peran serta Perkembangan Pers di Indonesia – Alhamdulillah sahabat dimanapun berada puji syukur atas nikmat kesehatan yang di berikan oleh Allah S.W.T sehingga pada pagi yang sangat indah ini saya admin dari katapendidikan.com kembali akan memberikan update artikel yang terbaru dengan Judul Pengertian, Fungsi, dan Peran serta Perkembangan Pers di Indonesia.

Pengertian, Fungsi, dan Peran serta Perkembangan Pers di Indonesia

Pengertian, Fungsi, dan Peran serta Perkembangan Pers di Indonesia

 

1. Pengertian Pers

Secara etimologis, kata pers (Belanda), atau press (Inggris), atau presse (Prancis), berasal dari bahasa latin, pressare dari kata premere, yang berarti “tekan” atau “cetak”. Definisi terminologis ialah “mediamassacetak”. Alam bahasa Belanda ialah gedrukten, atau drukpers atau pers. Adapun alam bahasa Inggrisnya printed meia atau printing press atau press.

2. Sifat Pers

Pers merupakan lembaga yang berdiri sendiri. Pers hidup ditengah-tengah masyarakat, tetapi bukan bagian dari masyarakat itu, dan berada dalam satu negara, tetapi bukan bagian dari pemerintahan negara tersebut. Pers lebih dikenal sebagai “Lembaga Kemasyarakatan” (social institution). Hubungan ketiganya saling mempengaruhi. Pers mempengaruh masyarakat, tetapi masyarakat juga berpengaruh pada pers. Pers mempengaruhi pemerintah, tetapi pemerintah juga berpengeruh pada pers. Pers sebagai lembaga bisa berperan seperti sahabat, mitra kerja, atau menjadi lawan. Artinya, pers sebagai lembaga dapat difungsikan apa saja bergantung pada kehendak yang mengelolanya.

3. Perkembangan Pers di Indonesia

Pers sebagai institusi sosial dalam kehiupan masyarakat modern mempunyai sejarah yang sangat penting. Dalam perkembangannya, pers tumbuh sesuai dengan folosofi lingkungannya untuk berkembang menjadi ilmu pengetahuan. Pers di Indonesia berkembang sejalan dengan filosofi politik yang dianut, serta mempengaruhi lingkungan dalam kurun zamannya. Penjajahan Belanda yang menganut filosofi individualisme dan asas liberal dalam sistem politik telah berpengaruh terhadap tumbuhkembangnya pers. Sejak tahun 1990-an, sistem politik kolonial yang diterapkan di Indonesialah yang mengendalikan “hakikat kebebasan” pers tersebut melalui berbagai bentuk kaidah kebijakan politik

4. Perkembangan Etos Pers di Indonesia

Pada zaman penjajahan Belanda, etos persIndonesiadidasarkan pada perjuangan membebaskan rakyat dari cengkraman penjajah. Etos persIndonesiaini telah tampak pada awal abad ke-20, padahal pers di Nederlandsch Indie untuk bacaan kaum pribumi telah ada sejak tahun 1884, yakni Bianglala dan pada tahun 1885 Bromartani. Kedua-duanya di Batavia. Kemudian, tahun 1856 Soerat kabar Bahasa Melajoe di Surabaya.

Demikianlah artikel tentang Pengertian, Fungsi, dan Peran serta Perkembangan Pers di Indonesia, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x.

Pengertian, Fungsi, dan Peran serta Perkembangan Pers di Indonesia | admin | 4.5