Pengertian Kebijakan Ekonomi Secara Lengkap

Monday, July 31st, 2017 - Ekonomi

Pengertian Kebijakan Ekonomi Secara Lengkap – ALhamdulillah sahabat dimanapun berada pada pagi yang sangat indah ini saya admin katapendidikan.com kembali akan memberikan update artikel terbaru khususnya sekitar ilmu pendidikan ekonomi, adapun yang menjadi judul postingan pada kali yaitu Pengertian Kebijakan Ekonomi Secara Lengkap.

Kebijakan ekonomi adalah tindakan-tindakan yang dilakukan oleh pemerintah dalam bidang ekonomi. Ia menciptakan sistem untuk menentukan nilai-nilai dari pemungutan pajak, anggaran pemerintah, penawaran uang dan tingkat suku bunga, selain itu juga dalam hal pasar tenaga kerja, kepemilikan pemerintah, dan banyak area lainnya dalam intervensi pemerintah dalam perekonomian.

Pengertian Kebijakan Ekomi Secara Lengkap

Pengertian Kebijakan Ekonomi Secara Lengkap

 

Kebanyakan faktor-faktor dari kebijakan ekonomi bisa dibagi ke dalam kebijakan fiskal, yang berkenaan dengan tindakan-tindakan pemerintah dalam hal pemungutan pajak dan pengeluaran, atau kebijakan moneter, yang berkenaan dengan tindakan-tindakan sentral bank dalam hal penawaran uang dan tingkat suku bunga.

Kebijakan-kebijakan tersebut seringkali dipengaruhi oleh institusi internasional seperti IMF atau Bank Dunia dan kebijakan politik serta kebijakan internal dari partai politik yang berkuasa.

Kebijakan secara umum diarahkan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu, seperti target inflasi, pengangguran, atau pertumbuhan ekonomi. Kadang-kadang tujuan-tujuan lainnya, seperti pengeluaran untuk militer atau nasionalisasi juga sangat penting.

Ini disebut juga dengan tujuan-tujuan kebijakan: hasil-hasil yang mana kebijakan ekonomi ingin mencapainya.

Untuk mencapai tujuan-tujuan ini, pemerintah menggunakan alat-alat kebijakan yang berada di bawah kendali pemerintah, yang secara umum termasuk kepada tingkat suku bunga dan penawaran uang, pajak dan pengeluaran pemerintah, tarif, nilai tukar mata uang, regulasi pasar tenaga kerja, dan banyak aspek pemerintah lainnya.

Pemerintah dan bank sentral memiliki kemampuan terbatas dalam mencapai tujuan-tujuan dalam jangka pendek. Misalnya, mungkin ada suatu tekanan pada diri pemerintah untuk mengurangi inflasi, mengurangi pengangguran, dan mengurangi tingkat suku bunga sementara berusaha untuk menjaga stabilitas nilai mata uang. Jika semuanya ini dipilih sebagai tujuan-tujuan untuk jangka pendek, maka kebijakan cenderung untuk tidak bertautan, karena konsekuensi normal dari mengurangi inflasi dan menjaga stabilitas nilai mata uang adalah peningkatan jumlah pengangguran dan peningkatan tingkat suku bunga.

Masalah ekonomi yang pertama adalah bagaimana caranya untuk mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan untuk bisa menampilkan fungsi-fungsi dari pemerintah, misalnya untuk membangun militer yang kuat, infrastruktur jalan dan proyek-proyek lainnya seperti membangun gedung-gedung.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Kebijakan Ekonomi Secara Lengkap, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin 3x dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di katapendidikan.com

Pengertian Kebijakan Ekonomi Secara Lengkap | admin | 4.5