Pengertian Litosfer dan Susunannya

Thursday, March 16th, 2017 - Geografi

Pengertian Litosfer dan Susunannya – Alhamdulillah dan selamat pagi sahabat dimanapun berada, puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah S.W.T yang mana yang telah memberikan nikmat kesehatan sehingga pada kesempatan yang baik ini , saya admin katapendidikan.com akan memberikan postingan artikel terbaru dengan Judul Pengertian Litosfer dan Susunannya. 

Pengertian Litosfer dan Susunannya

Pengertian Litosfer dan Susunannya

 

1. Pengertian Litosfer

Litosfer adalah lapisan batuan atau kulit bumi yang mengikuti bentuk bumi dengan ketebalan kurang-lebih 1200km. Litosfer berasal dari kata litos yang berarti batu, dan sfer/spaira yang berarti bulatan.
Litosfer terdiri atas beberapa lempengan keras. Lempeng ini bergeser dan bergerak di atas astenosfer, yaitu lapisan yang lebih lunak.
Tebal litosfer tidak merata. Di bagian benua/daratan, litosfer lebih tebal daripada di bawah samudera.

2. Susunan Lapisan Litosfer

Seperti halnya bawang, bumi terdiri dari lapisan-lapisan penyusun. Secara umum lapisan bumi terdiri dari barisfer (inti), asthenosfer (pengantara), dan litosfer (kerak). Susunan litosfer terdiri dari dua lapisan, yaitu:

a. Lapisan Sial

Lapisan Sial aadalah lapisan kulit bumi yang tersusun atas logam silisium dan aluminium, senyawanya dalam bentuk SiO2 dan Al2O3. Dalam lapisan ini terdapat batuan sedimen, granit, andesit, jenisjenis batuan metamorf, dan batuan lain yang terdapat di daratan benua. Lapisan sial disebut juga lapisan kerak yang bersifat padat dan kaku, berketebalan rata-rata ± 35 km. Kerak ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu kerak benua dan kerak samudera.

  • Kerak benua, merupakan benda padat yang terdiri atas batuan beku granit pada bagian atasnya dan batuan beku basalt pada bagian bawahnya. Kerak ini yang menempati sebagai benua.
  • Kerak samudera, merupakan benda padat yang terdiri atas endapan di laut pada bagian atas, kemudian di bawahnya batuan-batuan vulkanik dan yang paling bawah tersusun atas batuan beku gabro dan peridotit. Kerak ini menempati sebagai samudera.

b. Lapisan sima

Lapisan Sima adalah lapisan kulit bumi yang disusun oleh logamlogam silisium dan magnesium dalam bentuk senyawa SiO2 dan MgO. Lapisan ini mempunyai berat jenis yang lebih besar daripada lapisan sial karena mengandung besi dan magnesium, yaitu mineral ferromagnesium dan batuan basalt. Lapisan sima merupakan bahan yang bersifat elastis dan mempunyai ketebalan rata-rata 65 km.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Litosfer dan Susunannya, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin 3x, dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di katapendidikan.com

Pengertian Litosfer dan Susunannya | admin | 4.5