Pengertian Plasenta Menurut Ilmu Botani

Pengertian Plasenta Menurut Ilmu Botani – Alhamdulillah sahabat dimanapun berada puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah S.W.T atas nikmat kesehatan yang di berikannya sehingga pada siang hari ini saya admin katapendidikan.com akan memberikan update artikel terbaru dengan Judul Pengertian Plasenta Menurut Ilmu Botani.

Menurut Wikidepidia.org Plasenta dalam botani merupakan analogi plasenta. Ia merupakan bagian dari buah dan melindungi saluran pembawa hara yang diperlukan biji untuk perkembangannya. Plasenta biasanya memanjang dari pangkal buah (terhubung pada tangkai buah) dan biji-biji terhubung padanya.

Pengertian Plasenta Menurut Ilmu Botani

Pengertian Plasenta Menurut Ilmu Botani

 

sebelum masuk kepada pokok pembahasan terlebih dahulu saya jelaskan tentang ilmu botani, Botani adalah ilmu tumbuh-tumbuhan, termasuk juga jamur dan alga dengan mikologi dan fikologi berada di dalam cabang ilmu botani. … Orang yang menekuni bidang botani disebut sebagai botanis atau ahli botani.

Dalam ilmu botani plasenta (Placentae) atau tembuni adalah ovula yang melekat pada dinding ovarium. Plasenta merupakan bagian bakal buah yang menjadi pendukung bakal biji atau menjadi tempat duduknya bakal-bakal biji.

Tipe-Tipe Plasenta Pada Buah

Letak plasenta di dalam buah berbeda beda. Dalam menyebutkan letak tembuni seringkali diperhatikan pula letak tembuni itu pada daun buah yang menjadi penyusun bakal buah tadi. berdasarkan letaknya tersebut, plasenta dibedakan menjadi 6 tipe plasenta, yaitu:

1. Plasenta Marginal

Tipe plasenta ini adalah tipe plasenta yang apabila letak ovulanya berada di tepi daunbuah.

2. Plasenta Basal (Laminal)

Plasenta parietal adalah plasenta yang letaknya berada pada helaian daun buah.

3. Plasenta Aksilaris (axile)

Pada tipe ini, plasenta buah tertetak di sudut tengah bakal buah.

4. Plasenta Parietal

Pada plasenta ini, ovula melekat pada dinding ovarium dan lebih dari satu. Ovarium terlihat memiliki lebih dari satu bilik, karena ovarium membentuk septum (sekat) semu.

5. Plasenta Sentral (free-central)

Tembuni tertetak di pusat atau di dinding poros bakal buah. Septum tidak ada pada plasenta tipe ini.

6. Plasenta Apikal

Di mana satu atau beberapa ovula berkembang pada bagian atas ovarium.

Demikianlah artikel singkat ini tentang Pengertian Plasenta Menurut Ilmu Botani, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin ya rabbal alamin dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di katapendidikan.com

Pengertian Plasenta Menurut Ilmu Botani | admin | 4.5