Penggolongan Jaringan Komputer

Penggolongan Jaringan Komputer – Alhamdulillah sahabat pada siang hari ini saya admin dari Katapendidikan.com kembali akan memberikan update artikel terbaru dengan Judul Penggolongan Jaringan Komputer.

Jaringan Komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program – program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk, dan sebagainya. Selain itu jaringan komputer bisa diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi yang terdiri dari lebih satu komputer yang saling berhubungan.

Sedangkan menurut wikipedia.org Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).

Topologi

Topologi jaringan adalah bagian yang menjelaskan hubungan antar komputer yang dibangun berdasarkan kegunaan, keterbatasan resource maupun keterbatasan biaya sesuai dengan keadaan di lapangan. Jenis-jenis topologi jaringan antara lain:

1. Topologi Bus

Topologi bus merupakan topologi awal yang digunakan untuk menghubungkan komputer. Dalam topologi ini masing-masing kabel akan terhubung kesatu kabel panjang dengan beberapa terminal, dan pada akhir kabel diakhiri dengan satu terminator.

Topologi Bus

Topologi Bus

 

2. Topologi Ring

Topologi ring adalah topologi jaringan dimana setiap komputer yang terhubung membuat lingkaran. Dengan arti setiap komputer yang terhubung dalam satu jaringan saling terhubung dengan komputer lainnya sehingga membentuk cincin.

Topologi Ring

Topologi Ring

 

3. Topologi star

Topologi star yaitu topologi jaringan yang dalam pengkoneksian sudah menggunakan bantuan alat lain seperti hub atau switch. Alat tersebut berfungsi sebagai penghubung komputer-komputer di dalam jaringan.

Topologi Star

Topologi Star

 

4. Topologi Tree

Topologi tree merupakan topologi yang bisa digunakan pada jaringan di dalam ruangan kantor bertingkat. Pada toplogi ini satu komputer dengan komputer lain merupakan percabangan hirarki yang jelas.

Topologi Tree

Topologi Tree

 

5. Topologi Mesh

Topologi mesh yang disebut sebagai jaring, karena setiap komputer akan berhubungan pada tiap-tiap komputer lain yang tersambung. Topologi ini jarang sekali diterapkan dalam LAN karena alasan pemborosan kabel dan sulitnya instalasi, selain itu juga sulit mendeteksi keamanannya.

Topologi Mesh

Topologi Mesh

 

 

Penggolongan Jaringan Komputer | admin | 4.5