Pentingnya Keluarga Dalam Fungsi Kehidupan

Thursday, February 9th, 2017 - Pendidikan

Pentingnya Keluarga Dalam Fungsi Kehidupan – Alhamdulillah sahabat pada malam hari kembali saya akan membagikan update postingan terbaru artikel dengan Judul Pentingnya Keluarga Dalam Fungsi Kehidupan. Manusia merupakan makhluk sosial, sehingga tidak mungkin baginya untuk tinggal sendirian dalam jangka waktu yang panjang. Dia terus-menerus membutuhkan orang-orang yang bisa mendukungnya selama masa-masa sulit dan mendorong ketika dia melangkah dalam kehidupan. Setiap orang membutuhkan orang lain yang bisa diajak berbagi pada saat bahagia dan sedih.

Pentingnya Keluarga Dalam Fungsi Kehidupan

Pentingnya Keluarga Dalam Fungsi Kehidupan

 

1. Konsep keluarga

Keluarga adalah sebagai sebuah konsep yang telah ada sejak nenek moyang manusia mulai hidup bersama dalam kelompok. Dengan berlalunya waktu dan munculnya pertanian sebagai sarana subsisten, kelompok-kelompok ini menjadi semakin erat dengan anggota mereka, berbagi tanggung jawab sosial dan ekonomi. Hal ini membuahkan perasaan kepedulian, kasih sayang dan cinta, oleh sebab itu muncul model standar keluarga. Ketergantungan satu sama lain, berbagi hak dan tanggung jawab menghasilkan suatu konsep pernikahan.

Keluarga merupakan unit sosial dimana dua atau lebih individu dari kelompok usia yang berbeda dan sifat-sifat karakteristik yang beragam untuk memutuskan tinggal bersama di bawah satu atap, berbagi hak dan tanggung jawab. Ahli antropolog menafsirkan bahwasanya keluarga menjadi lembaga sosial yang melakukan fungsi penting baik untuk anggota mereka sendiri dan untuk anggota masyarakat.

2. Fungsi keluarga

Sebagai sebuah lembaga sosial, keluarga memiliki fungsi tertentu. Pemenuhan fungsi ini sangat penting bagi masyarakat agar berfungsi dengan lancar. Ini adalah aspek utama yang membentuk dasar lembaga sosial ini. Fungsi-fungsi keluarga ini meliputi:

  • Membesarkan dan merawat anak-anak secara sosial ekonomi dan psikologis.
  • Berbagi tanggung jawab dan pembagian kerja.
  • Dukungan psikologis dan ekonomi kepada anggota keluarga.
  • Memenuhi kebutuhan batiniah individu.
  • Menyediakan tempat berlindung bagi anggota keluarga.

3. Pentingnya keluarga

Hal ini tidak sulit untuk menyimpulkan pentingnya keluarga. Anda mungkin tidak menyadari bahwa keluarga adalah sekolah pertama ketika anda terlahir di dunia ini. Ketika anda melangkah ke dunia ini, anda akan mulai belajar mengenai hubungan sosial. Keluarga adalah lingkungan dimana anda belajar untuk menggunakan segala kemampuan, dengan tujuan untuk memahami dan menghadapi dunia.

Rasa takut hadir dalam diri setiap manusia, kita semua perlu merasa aman, keamanan adalah penting bagi kelancaran kehidupan kita. Keluarga dapat memberikan rasa aman. Anda tidak harus berjuang sendiri melawan apa saja, perasaan ini membantu dalam kemajuan manusia karena dia tidak perlu khawatir tentang keselamatannya.

Sama seperti kebutuhan dasar, manusia juga memiliki kebutuhan psikologis. Pemenuhan kebutuhan tersebut diperlukan untuk keberadaan mental dan fisik. Setiap orang membutuhkan kasih sayang, penghargaan, rasa memiliki, cinta, dll. Hubungan keluarga memberikan semua hal ini tanpa anda menuntutnya. Hal ini juga meningkatkan kepercayaan diri anda dari waktu ke waktu, dan mengajarkan moral dan prinsip-prinsip bermasyarakat.

Sebuah keluarga yang berhasil memenuhi kebutuhan emosional dan sosial menjadi unit yang stabil, dan disebut sebagai keluarga bahagia. Dan kebalikannya disebut sebagai keluarga disfungsional karena tidak dapat memberikan stabilitas kepada anggotanya.

Demikianlah artikel tentang Pentingnya Keluarga Dalam Fungsi Kehidupan, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya bersama dengan kami dikatapendidikan.com

Pentingnya Keluarga Dalam Fungsi Kehidupan | admin | 4.5