Peranan TIK Dalam Dunia Pendidikan

Peranan TIK Dalam Dunia Pendidikan –  TIK adalah singkatan dari Teknologi Informasi Dan Komunikasi atau jika dalam bahasa Inggris ‘Information and Communication Technologies’, jika di singkat ‘ICT’ dapat di artikan sebagai payung besar terminologi yang mencakup semua peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan Informasi. Itulah secara singkat mengenai pengertian teknologi informasi dan

Peranan TIK Dalam Dunia Pendidikan

Peranan TIK Dalam Dunia Pendidikan

Kata teknologi yaitu berasal dari bahasa Yunani “technologia”, atau “techne” yang memiliki arti “keahlian” dan juga “logia” yang artinya “pengetahuan”. Dalam pengertian yang sempit dapat di artikan teknologi adalah merupakan suatu yang mengacu pada objek benda yang digunakan untuk kemudahan aktivitas manusia, misalnya seperti mesin, perkakas, perangkat keras, dan lain-lain.

 

Dalam kehidupan kita sekarang dan di masa mendatang, teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan dalam semua bidang salah satunya di bidang pendidikan. Perubahan globalisasi telah memicu pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional kearah pendidikan yang lebih terbuka, luwes, dan dapat diakses oleh siapapun dan dimanapun.

Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, maka pengadaan sistem pendidikan jarak jauh bisa lebih mudah dilakukan. Masalah  utama yang muncul dalam sistem pendidikan jarak jauh adalah tidak adanya interaksi antara peserta didik dengan pengajar secara  berlanjut. Tetapi, dengan media internet sangat dimungkinkan bisa mengatasi masalah tersebut baik secara real time atau tidak. Dalam bentuk real time dapat dilakukan misalnya dalam suatu chatroom, interaksi langsung dengan real audio atau real video, dan online meeting. Yang tidak real time dapat  dilakukan dengan mailing list, discussion group, newsgroup, dan bulletin board.

Bentuk-bentuk materi, ujian, kuis dan cara pendidikan lainnya dapat juga diimplementasikan ke dalam web, seperti materi pengajar dibuat dalam bentuk presentasi di web dan dapat di download oleh peserta didik. Demikian pula dengan ujian dan kuisnya dapat pula dilakukan dengan cara yang sama. Penyelesaian administrasi juga dapat diselesaikan langsung dalam satu proses registrasi saja, apalagi di dukung dengan metode pembayaran online.

Peranan TIK Dalam Dunia Pendidikan | admin | 4.5