Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

Monday, May 7th, 2018 - PKN

Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia – Alhamdulillah sahabat dimanapun berada pada kesempatan yang baik ini saya admin dari katapendidikan.com kembali akan memberikan update artikel terbaru dengan Judul Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Proklamasi berasal dari bahasa Latin (Proclamare) pengumuman atau pemberitahuan ke publik. Proklamasi adalah semangat dengan rela berjuang, berjuang dengan hakiki, tulus dan penuh idealisme dengan mengesampingkan segala kepentingan diri sendiri.

Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

 

Semangat Proklamasi adalah adalah semangat persatuan, kesatuan yang bulat mutlak dengan tiada mengecualikan setiap golongan dan lapisan masyarakat Republik Indonesia.

Proklamasi merupakan hal yang bersejarah bagi bumi Nusantara seringkali makna proklamasi belum seluruhnya diterapkan begitu juga kemerdekaan.

Dalam UUD 1945 dikatakan, penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. Nah dalam konteks seperti ini sebagai bangsa yang merdeka dan mandiri seringkali rasa “keadilan” yang menjadi objek utama untuk penegakan hukum di Indonesia banyak mendapat tantangan. Tantangan berasal dari berbagai sistem politik, kebijakan bahkan kepentingan.

1. Pengertian Kemerdekaan

Kemerdekaan berasal dari kata “Merdeka”, yang artinya bebas. Secara umum Kemerdekaan berarti Susana hidup bebas dan terlepas dari ikatan atau tekanan dari orang atau bangsa lain.

2. Makna/hakikat pentingnya kemerdekaan

  • Proklamasi berarti Pembebasan Bangsa,Proklamasi 17 Agustus 1945 berarti bangsa kita lepas dari belenggu penjajahan, menjadi bangsa yang bedaulat dan bermartabat, bebas dari intervensi bangsa asing sehingga dapat mengatur bangsa sendiri demi mewujudkan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.
  • Proklamasi berarti Pembangunan Bangsa, Kemerdekaan merupakan modal dasar pelaksanaan pembangunan, dalam keadaan terjajah kita tidak mungkin dapat melaksanakan pembangunan untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.
  • Proklamasi sebagai Jembatan Emas
  • Proklamasi merupaka jembatan emas bagi bangsa Indonesia untuk menuju masyarakat yang adil dan makmur, kemerdekaan membeikan harapan yang besar bagi bangsa Indonesia untuk membangun sesuai dengan keinginan rakyat menuju masyarakat yang adil dan makmur.
  • Proklamasi sebagai Titik Kulminasi (Puncak) Perjuangan Bangsa, Merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia yang berabad-abad lamanya untuk terlepeas dari belenggu penjajah.

3. Suasana kebatinan Konstituasi Pertama

  • BPUPKI membuat rancangan UUD pada siding tanggal 10 – 16 Juli 1945
  • Tanggal 17 Agustus 1945, Atas nama Bangsa Indonesia Soekarno – Hatta memproklamirkan Kemerdekaan Negar RI
  • Tanggal 18 Agustus 1945, PPKI membahas dan menetapkan konstitusi pertama di Indonesia yaitu UUD 1945, yang merupakan usulan dari Bung Hatta yang mendapat perubahan pada sila Pertama Pancasila dan Bab III pasal 6. Sila Pertama Pancasila menyatakan bahwa “Bedasarkan kepada Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk – pemeluknya” diubah menjadi “Berdasarkan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa”.

4. Sikap Positif terhadap Kemerdekaan

  • Tekun belajar dan terus mengembangkan serta memperluas pengetahuan, wawasan dan keterampilan.
  • Meningkatkan keimanan dan Budi Pekerti Luhur.
  • Memtuhi Segala Norma dan Hukum yang berlaku.
  • Menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.
  • Memiliki semangat persatuan dan kesetiakawanan social yang tinggi.

Demikianlah artikel tentang Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, sekian dan terimkasih

Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia | admin | 4.5