Proses Terjadinya Peredaran Darah pada Manusia

Proses Terjadinya Peredaran Darah pada Manusia – Alhamdulillah sahabat puji syukur kepada Allah S.W.T yang telah memberikan nikmat kesehatan sehingga pada kesempatan ini saya admin katapendidikan.com akan memberikan update artikel terbaru dengan Judul Proses Terjadinya Peredaran Darah pada Manusia.

Sistem peredaran darah manusia, pembuluh nadi (arteri) berwarna merah dan pembuluh balik (vena) berwarna biru. Sistem peredaran darah atau sistem kardiovaskular adalah suatu sistem organ yang berfungsi memindahkan zat ke dan dari sel. Sistem ini juga menolong stabilisasi suhu dan pH tubuh (bagian dari homeostasis)

Proses Terjadinya Peredaran Darah pada Manusia

Proses Terjadinya Peredaran Darah pada Manusia

 

Setelah sebelumnya kita sudah mengenal dan mencari tau tentang golongan darah pada manusia kali ini kita akan menambah wawasan kita dengan proses peredaran darah itu sendiri. Peredaran darah pada manusia di sebub peredaran darah rangkap larema setiap satu kali beredar ke seluruh tubuh darah melewati jantung sebanyak dua kali. Peredaran darah rangkap atau peredaran darah ganda terdiri atas peredaran darah besar dan peredaran darah kecil.

Selama jantung bekerja, darah kita akan selalu beredar di sepanjang tubuh. Peredaran darah tersebut berlangsung didalam pembuluh darah. Itulah sebabnya perdaran darah manusia di sebut peredaran darah tertutup

1. Peredaran Darah Besar

Peredaran darah besar adalah peredaran darah jantung ke seluruh tubuh. Peredaran darah besar di mulai dari bilik kiri jantung menuju ke tubuh bagian atas dan bagian bawah dengan memebawa oksigen ke seluruh sel – sel tubuh. Selanjutnya, darah masuk kembali ke jantung melalui serambi kanan dengan mengakngkut karbon dioksida.

2. Peredaran darah kecil

Peredaran darah kecil adalah peredaran daray dari jantung ke paru – paru dan kembali ke jantung. Peredaran darah kecil di mulai dari bilik kanan jantung , mengakngkut karbon dioksida menuju ke paru – paru kanan dan paru – paru kiri. Didalam paru – paru, karbon dioksida dilepaskan menjadi oksigen. Itulah sebabnya darah yang berasal dari paru paru kanan dan paru paru kiri kaya akan oksigen. Selanjutnya darah kembali masuk ke dalam jantung melalui serambi kiri.

Sekilas kita akan merasa kalau prosesn sistem peredaran darah pada manusia itu terlihat cukup sederhana bukan? Dan kemudian baru merasa wajar, kenapa ketika terluka tubuh kita akan mengeluarkan darah saat terluka tak perduli dimana kita mengalami luka tersebut.

Demikianlah artikel tentang Proses Terjadinya Peredaran Darah pada Manusia, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x, dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di katapendidikan.com

Proses Terjadinya Peredaran Darah pada Manusia | admin | 4.5