Sejarah Lengkap Serangan 1 Maret 1949 Secara Lengkap

Sejarah Lengkap Serangan 1 Maret 1949 Secara Lengkap – Alhamdulillah sahabat puji syukur atas nikmat kesehatan yang di berikan oleh Allah S.W.T atas nikmat kesehatan yang di berikannya sehingga pada pagi hari ini saya admin dari katapendidikan.com kembali akan memberikan update artikel yang terbaru dengan Judul Sejarah Lengkap Serangan 1 Maret 1949 Secara Lengkap. 

Menurut sumber wikipedia.org Serangan Umum 1 Maret 1949 adalah serangan yang dilaksanakan pada tanggal 1 Maret 1949 terhadap kota Yogyakarta secara besar-besaran yang direncanakan dan dipersiapkan oleh jajaran tertinggi militer di wilayah Divisi III/GM III dengan mengikutsertakan beberapa pucuk pimpinan pemerintah sipil setempat berdasarkan instruksi dari Panglima Divisi III, Kol.

Sejarah Lengkap Serangan 1 Maret 1949 Secara Lengkap

Sejarah Lengkap Serangan 1 Maret 1949 Secara Lengkap

 

Bambang Sugeng,[butuh rujukan] untuk membuktikan kepada dunia internasional bahwa TNI – berarti juga Republik Indonesia – masih ada dan cukup kuat, sehingga dengan demikian dapat memperkuat posisi Indonesia dalam perundingan yang sedang berlangsung di Dewan Keamanan PBB dengan tujuan utama untuk mematahkan moral pasukan Belanda serta membuktikan pada dunia internasional bahwa Tentara Nasional Indonesia (TNI) masih mempunyai kekuatan untuk mengadakan perlawanan. Soeharto pada waktu itu sebagai komandan brigade X/Wehrkreis III turut serta sebagai pelaksana lapangan di wilayah Yogyakarta.

Serangan umum 1 maret merupakan serangan yang dilakukan oleh jajaran tinggi militer Divisi III/GM III untuk merebut kembali kota Yogyakarta sekaligus membuktikan bahwa TNI dan Republik Indonesia masih kuat, sehingga diharapkan akan semakin memperkuat posisi Indonesia dalam perundingan yang berlangsung di PPB. Tujuan utama serangan tersebut adalah untuk meruntuhkan moral pasukan Belanda serta membuktikan kepada internasional bahwa TNI memiliki kekuatan yang cukup besar untuk melakukan perlawanan.

Tepatnya pada tanggal 1 Maret 1949 di pagi hari, dimulailah serangan besar-besaran dengan fokus utama adalah ibu kota Indonesia saat itu yaitu Yogyakarta. Selain itu serangan juga dilakukan dibeberapa kota lain seperti Solo, dan Magelang dengan tujuan untuk menghambat bantuan tentara Belanda. Pusat komando saat itu ditempatkan di Desa Muto. Tepat pada pukul 6 pagi, sirine dibunyikan dan serang dilakukan ke seluruh penjuru kota. Serangan tersebut dibagi menjadi 5 sektor yaitu:

  1. Kota dipimpin oleh Letnan Marsudi.
  2. Barat dipimpin oleh Letkol Ventje Sumual
  3. Utara dipimpin oleh Mayor Kusno
  4. Selatan dipimpin oleh Mayor Sarjono
  5. Timur dipimpin oleh Mayor Sarjono

Kerugian Di Kedua Belah Pihak Serangan Umum 1 Maret

Pihak Belanda 6 orang tewas dan 14 orang luka-luka, sementara di pihak Indonesia tercatat 300 prajurit gugur, 53 polisi gugur, dan jumlah rakyat yang ikut gugur tidak bisa dihitung secara pasti. Sementara itu, menurut media Belanda, korban dari pihak mereka selama bulan maret adalah 200 orang tewas dan luka-luka.

Arti Penting Serangan Umum 1 Maret 1949

  1. Menunjukkan kepada dunia internasional keberadaan pemerintah dan TNI masih kuat dan solid
  2. Dukungan terhadap perundingan/diplomasi yang berlangsung di PBB
  3. Meningkatkan moral bangsa Indonesia
  4. Meruntuhkan mental pasukan Belanda
  5. Mempertahankan kedaulatan Republik Indonesia

Demikianlah artikel ini Sejarah Lengkap Serangan 1 Maret 1949 Secara Lengkap, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua ami3x dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di katapendidikan.com

Sejarah Lengkap Serangan 1 Maret 1949 Secara Lengkap | admin | 4.5