Simulasi Packet Tracer secara Wireless

Simulasi Packet Tracer secara Wireless – Alhamdulillah sahabat dimanapun berada puji syukur atas nikmat kesehatan yang di berikan oleh Allah S.W.T sehingga pada siang hari ini saya admin dari katapendidikan.com kembali akan memberikan update artikel terbaru dengan Judul Simulasi Packet Tracer secara Wireless.

Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.

Jaringan wireless adalah sebuah bentuk jaringan antar perangkat yang tidak menggunakan sambungan kabel. Dan kali ini Technoethnic akan mengjarkan kepada kalian bagaimana cara membuat desain sederhana jaringan wireless di Cisco Packet Tracer.

1. Siapkan perangkat device seperti dibawah ini, yaitu 1 access point dan 2 buah komputer.

Gambar 1

Gambar 1

 

2. Lalu kita tambahkan WLAN CARD pada masing-masing device komputer, caranya klik 2X pada perangkat komputer, pada tabel physical kita pilih bagian WMP300N.

Gambar 2

Gambar 2

 

Cara memasangnya yaitu, klik tombol zoom out, lalu matikan dahulu dengan mengklik bagian power pada PC, setelah itu tekan dan geser gambar perangkat tambahan ke bagian kosong di PC dan lepaskan, maka WLAN Card akan terpasang.

3. Nyalakan kembali PC dengan mengklik kembali bagian power pada PC.

4. Lakukan hal yang sama pada device komputer yang lainnya.

5. Setting IP adress masing-masing komputer, saya beri contoh dengan IP adress di bawah ini :
PC0 > 192.168.10.2
PC1 > 192.168.10.3

Gambar 3

Gambar 3

 

6. Setelah itu kita cek sambungan jaringan wireless tersebut dengan melakukan ping, kita beri contoh dari PC0 ke PC1, yaitu dengan mengetikan ping 192.168.12.3 pada fitur command prompt.

Gambar 4

Gambar 4

 

Jika muncul tampilan seperti gambar di atas, alias ada kata TTL .. Maka masing-masing device komputer sudah tersambung alias berhasil. Dan itulah cara membuat atau mengkonfigurasi jaringan wireless dengan Cisco Packet Tracer, semoga bermanfaat.

Demikianlah artikel tentang Simulasi Packet Tracer secara Wireless semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin ya rabbal alamin dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru lainnya hanya bersama dengan kami di katapendidikan.com

Simulasi Packet Tracer secara Wireless | admin | 4.5