Skema Jaringan Komputer

Skema Jaringan Komputer –  Jaringan Komputer adalah sebuah sistem yang di dalamnya terdiri dari beberapa komputer dan perangkat-perangkat jaringan yang dapat saling terhubung, antara satu dengan yang lainnya melalui media transmisi kabel maupun nirkabel, sehingga dapat saling berbagi (sharing) data, aplikasi maupun berbagi penggunaan perangkat keras antar komputer.

Jaringan Komputer

Jaringan Komputer juga dapat diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua perangkat komputer atau lebih yang dapat saling terhubung dan berbagi data.

Skema Jaringan Komputer

Skema Jaringan Komputer

 

Jaringan atau skema jaringan yang disesuaikan dengan kebutuhan baik untuk rumahan, kantoran atau jaringan korporasi. Sebelumnya perlu juga diketahui bahwa suatu computer dalam suatu jaringan memerlukan suatu kartu jaringan yang disebut Ethernet Card / NIC adapter dengan RJ-45 port baik yang berkecepatan 10/100Mbps ataupun yang gigabit Ethernet.

Jaringan Dua Komputer

Jaringan yang paling sederhana adalah jaringan yang menghubungkan dua buah computer. Skema jaringan dua computer bisa dilihat pada gambar 1 berikut ini.

Yang perlu diperhatikan adalah kabel UTP yang anda pakai. Untuk koneksi back-to-back anda harus menggunakan konfigurasi kabel cross UTP. Akan tetapi ada beberapa jenis adapter NIC yang mempunyai fitur Auto-MDIX atau Autosensing ports dimana anda bisa menggunakan jenis kabel cross atau straight dan system akan mendeteksi secara automatis dan menyesuaikan seperlunya.

Anda juga bisa menggunakan sebuah Switch untuk bisa menghubungkan kedua computer atau lebih untuk membentuk sebuah jaringan workgroup yangbisa saling berkomunikasi. Satu hal yang perlu diperhaikan adalah pemberian IP address untuk masing-masing computer. Konfigurasikan property TCP/IP dari masing-masing computer dengan contoh IP address dibawah.

Komputer A: IP address = 192.168.10.10 subnet mask 255.255.255.0
Komputer B: IP address = 192.168.10.12 subnet mask 255.255.255.0
Biarkan gateway dan DNS kosong

Manfaat Jaringan Komputer

Berbicara mengenai manfaat ada sangat banyak sekali manfaat dari jaringan komputer yang akan sangat panjang jika membahas semuanya, berikut di antaranya :

  1. Resource Sharing, dengan adanya jaringan komputer, kita bisa saling (sharing) berbagi data, mengakses file dan menggunakan bersama sumber daya yang ada (perangkat keras komputer misal, Printer dan Scanner).
    contohnya dalam suatu kantor, seorang karyawan dari lantai 1 ingin melakukan print sebuah foto atau dokument, namun di karenakan printer di ruangannya rusak, iya akhirnya melakukan print foto atau dokumentnya dengan menggunakan printer yang ada di lantai 2 yang telah di sharing dari ruangannya yang ada di lantai 1.
  2. Dengan adanya Jaringan Komputer akan membuat proses pengiriman data menjadi lebih cepat dan efisien.
    Jaringan Komputer membantu kita agar tetap dapat terhubung dengan, keluarga, sahabat atau orang lain dari berbagai tempat di belahan dunia lainnya.
  3. Dengan bantuan jaringan komputer jugalah sehingga membuat kita dapat mengirim teks, gambar, audio, maupun video secara real time.
  4. Kita dapat mengakses berita atau informasi dengan sangat mudah melalui media-media onlineyang ada di internet dikarenakan internet juga merupakan salah satu contoh dari jaringan komputer.
Skema Jaringan Komputer | admin | 4.5