Tipe – tipe Jaringan Komputer

Tipe – tipe Jaringan Komputer  – Alhamdulillah sahabat pecinta jaringan komputer dimanapun berada puji syukur atas nikmat kesehatan yang di berikan oleh Alllah S.W.T sehingga pada pagi yang indah ini saya admin dari katapendidikan.com kembali akan memberikan update postingan artikel terbaru dengan judul Tipe – tipe Jaringan Komputer. Menurut sumber wikipedia.org Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).

Jaringan dapat di bedakan kedalam beberapa tipe antara lain : LAN,MAN dan WAN berikut penjelasan dari ketiga tipe jaringan tersebut antara lain sebagai berikut :

LAN ( Local Area Network )

 LAN (Local Area Network) adalah suatu kumpulan komputer, dimana terdapat beberapa unit komputer (client) dan 1 unit komputer untuk bank data (server). Antara masing-masing client maupun antara client dan server dapat saling bertukar file maupun saling menggunakan printer yang terhubung pada unit-unit komputer yang terhubung pada jaringan LAN.

Gambar Jaringan LAN

Gambar Jaringan LAN

 

MAN

MAN (Metropolitan Area Network) pada prinsipnya sama dengan LAN, hanya saja ukuran jaringannya lebih besar dibandingkan dengan LAN. Jarak yang ditempuh oleh MAN ini berkisar antara 10-50 Km. Man sangat cocok diterapkan untuk membangun jaringan antarkantor yang letaknya berdekatan dengan kota yang sama.

Gambar Jaringan MAN

Gambar Jaringan MAN

 

WAN

WAN (Wide Area Network) adalah kumpulan dari LAN dan/atau Workgroup yang dihubungkan dengan menggunakan alat komunikasi modem dan jaringan Internet, dari/ke kantor pusat dan kantor cabang, maupun antar kantor cabang. Dengan sistem  jaringan ini, pertukaran data antar kantor dapat dilakukan dengan cepat serta dengan biaya yang relatif murah. Sistem  jaringan ini dapat menggunakan  jaringan  Internet yang sudah ada, untuk menghubungkan antara kantor pusat dan kantor cabang atau dengan PC StandAlone/Notebook yang berada di lain kota ataupun negara.

Gambar Jaringan WAN

Gambar Jaringan WAN

 

 Demikianlah artikel singkat tentang Tipe – tipe Jaringan Komputer, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin3x dan sampai jumpa lagi pada update artikel terbaru kami lainnya hanya bersama dengan kami di katapendidikan.com

Tipe – tipe Jaringan Komputer | admin | 4.5